37.065 Kendaraan di Jakarta Kena Tilang Operasi Zebra

operasi zebra jaya
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan

VIVA.co.id – Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas dan juga menyambut operasi lilin jelang Natal dan Tahun Baru, Kepolisian Republik Indonesia saat ini tengah menggelar operasi "Zebra" yang dilakukan secara serentak di seluruh Tanah Air.

5 Pelanggaran Jadi Target Operasi Zebra Jaya 2020

Kegiatan ini dilakukan selama 14 hari, mulai dari 16 November hingga 29 November 2016 mendatang. Jajaran Polda Metro Jaya mencatat, selama enam hari pertama operasi itu digelar, terdapat 41.563 kendaraan diganjar tilang akibat melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Jumlah tersebut terbagi dari 37.065 kendaraan yang ditilang dan 4.498 kendaraan terkena teguran," kata Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto kepada VIVA.co.id, Selasa 22 November 2016.

Polda Metro Gelar Operasi Zebra, 3 Pelanggaran Ini Jadi Sasaran Tilang

Budiyanto menambahkan, dari puluhan ribu kendaraan yang ditilang, pihaknya menyita barang bukti berupa 14.528 surat izin mengemudi (SIM) milik pengendara dan juga 22.404 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang ditahan. Tak hanya itu, sebanyak 133 kendaraan juga tercatat ikut disita akibat tidak patuh terhadap operasi tersebut.

"Jika dicatat, jumlah kerugian materinya sekitar Rp148,9 juta sepanjang enam hari ini," ujarnya.

Cara Aman untuk Pesepeda dan Pengendara Kendaraan Bermotor di Jalanan
Ilustrasi traffic cone

Mirip Topi Penyihir, Ini Sejarah dan Fungsi Utama Traffic Cone

Traffic cone atau kerucut lalu lintas merupakan alat pengendali dan pengaman lalu lintas untuk contra flow, pekerjaan jalan dan bencana alam.

img_title
VIVA.co.id
28 September 2021