Pertamina Targetkan Ekspor 150 Ribu Liter Pertamax Turbo

Pertamax Turbo telah dipasarkan di beberapa SPBU Jakarta
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin

VIVA.co.id – PT Pertamina Persero tidak hanya memasarkan Pertamax Turbo di dalam negeri saja. Berkat kerja sama mereka dengan Lamborghini, bahan bakar dengan research octane number 98 itu juga dijual di Benua Eropa.

Satu Dekade Legenda F1 Michael Schumacher Lenyap Ditelan Bumi, Masih Ada Harapan Muncul ke Publik?

Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina, Afandi mengatakan, sebenarnya Pertamax Turbo saat ini sudah ada di Eropa. Namun, distribusinya baru sebatas untuk penggunaan ajang balap khusus mobil Lamborghini saja. "Akhir Juni 2016 lalu sudah diluncurkan secara resmi di sana," ujarnya di Jakarta, Kamis 24 November 2016.

Ia mengatakan, dalam satu bulan, konsumsi Pertamax Turbo di Eropa mencapai 40 ribu liter. Tapi, angka tersebut masih fluktuatif, karena ajang balap tidak  digelar setiap bulan.

10 Tahun dalam Kondisi Menyedihkan, Schumacher Diterapi dengan Suara Mobil

"Kami perkirakan, sampai akhir tahun ini ada 150 ribu liter terjual untuk balap. Tahun depan, kami akan ekspansi ke balap go-kart dan yang lainnya,” ungkapnya.

Sementara untuk konsumsi umum, Pertamina masih melihat peluang pasarnya. Jika dianggap ekonomis, maka Pertamax Turbo bisa disalurkan ke beberapa SPBU yang ada di Eropa.

Pembukaan APRC Danau Toba 2023, Komitmen Dukung Reli Dunia

Terkait spesifikasinya, Afandi menjelaskan, saat ini Pertamax Turbo yang dikirim ke Eropa masih menggunakan standar Euro 3. Namun, RON-nya sudah mencapai angka 100.

“Tapi, karena dianggap belum sesuai dengan yang dibutuhkan Lamborghini, maka Pertamax Turbo RON 100 dicampur dengan BBM lain dengan nilai RON 93. Hasilnya, tetap RON 98,” jelasnya.

Namun, tahun depan Pertamina berencana meningkatkan standar Pertamax Turbo yang diekspor, dari Euro 3 menjadi Euro 4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya