Para Pengusaha Bisnis Aksesori Mobil Mengaku Sepi Order

Pameran Aksesoris dan Suku Cadang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Industri otomotif tidak hanya berkutat seputar produk mobil dan motor saja, namun juga berbagai macam industri pendukungnya. Termasuk, mereka yang bergerak dalam bidang penyedia aksesori kendaraan.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Sama seperti jualan mobil dan motor, bisnis aksesori juga ada pasang surutnya. Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Jendral Perkumpulan Pengusaha Aksesori Mobil Indonesia (PAHAMI), Irwan Kusuma.

“Saya akui, semenjak pergantian tahun ke 2016, dunia otomotif mengalami penurunan yang cukup dramatis, termasuk aksesori,” ujarnya di Kemayoran, Jakarta.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Ia mengatakan, kondisi ekonomi saat ini cukup memengaruhi pasar aksesori. “Karena, orang yang beli mobil belum tentu mau pasang aksesori,” ungkap juragan produk audio Venom itu.

Menurutnya, bisnis aksesori itu tidak bisa diprediksi, karena menyangkut hobi dan tren. Itu sebabnya, ia berharap adanya asosiasi PAHAMI bisa menjadi solusi.

3 Kendaraan Hino Dapat Sertifikat TKDN

Irwan menjelaskan, selama ini aksesori mobil selalu menempati lahan yang kecil di pameran otomotif. “Harapan kami, nanti di pameran IIMS atau GIIAS punya satu booth yang besar dan isinya semua aksesori mobil,” ucapnya.

Sebagai informasi, jenis aksesori yang sudah tergabung dalam PAHAMI cukup beragam, mulai dari jasa jok kulit, kaca film, car audio, pelek, dan lain-lain.

Motor listrik RAKA Motors

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Desainnya sepintas memiliki kemiripan dengan skuter matik buatan merek asal Jepang,

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024