Kelahiran Avanza Versi Murah Makin Dekat

Toyota Avanza
Sumber :
  • D

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) tak lama lagi bakal merilis produk barunya yang datang dari keluarga Avanza. Mobil itu yakni Avanza Transmover, yang dijual dengan banderol terjangkau. Avanza Transmover merupakan low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang sedianya akan dijual untuk kebutuhan armada taksi.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Selain untuk taksi, Avanza Transmover juga bakal dijual untuk kebutuhan partai besar alias fleet bagi perusahaan yang hendak membutuhkan kendaraan operasional.

Berdasarkan informasi yang didapat dari salah seorang sumber, Avanza Transmover akan debut akhir bulan ini di Jakarta. Mobil tersebut nantinya akan dijual dengan kapasitas mesin 1,3 liter. Fakta mesin sendiri setidaknya sudah terpapar dari dokumen yang didaftarkan TPT online Kementerian Perindustrian.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Bicara model, Avanza Transmover akan menjadi varian terendah setelah tipe 'E' yang ada saat ini. Karena menjadi varian terbawah, tentu saja harga yang ditawarkan akan lebih murah dibandingkan Avanza varian 'E' dengan transmisi manual yang ada saat ini.

"Harganya sudah pasti lebih murah dari Avanza yang ada saat ini, tapi tetap lebih mahal dibandingkan tipe tertinggi Calya," kata sumber tersebut.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Sementara dari info yang didapat dari hasil berkunjung ke diler Toyota, keran pemesanan sejauh ini belum dilakukan. "Belum bisa untuk pemesanan. Kami memang sudah tahu kalau ada Avanza varian baru, tapi saat ini memang belum bisa dipesan karena belum tahu itu akan dijual bebas atau langsung ke perusahaan terkait, soalnya itu kan peruntukannya buat taksi. Jadi memang belum tahu secara detailnya," ujar salah seorang wiraniaga Toyota, di Jakarta, Jumat 25 November 2016.

Vice President Director Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, sebelumnya tidak menampik pihaknya tengah mempersiapkan varian terbaru mobil “sejuta umat” tersebut. "Ya, kalau kami lihat memang mulai ada kebutuhan dari perusahaan taksi untuk MPV. Kami juga memperhatikan itu dan juga mempersiapkan produk untuk itu," katanya beberapa waktu lalu ditemui di Jakarta.

Kehadiran Toyota Avanza Transmover disebutkan hanya untuk armada taksi berpelat kuning. Saat disinggung, apakah MPV tersebut dapat digunakan untuk taksi online, Henry masih belum bisa memastikan hal tersebut. "Kalau namanya memang Transmover, ini low MPV kita, yang ditujukan khusus untuk taksi saja. Ya kalau ini hanya untuk pengguna taksi, kalau taksi online kan bukan lembaganya taksi. Jadi itu kan enggak bisa kami pastikan. Tapi untuk perusahaan taksi, pelat kuning bisa untuk produk kami," ujarnya.

Selain itu, Avanza Transmover kabarnya bakal menjadi target konsumen yang ingin membuka usaha taksi online. Karena dinas Perhubungan DKI Jakarta saat ini memang membatasi izin kendaraan untuk dijadikan taksi online, yakni minimal memiliki kapasitas silinder di atas 1.300 cc. 

Menanggapi kabar tersebut, Henry dengan tegas membantah. Menurutnya, mobil baru ini sudah lama akan dikeluarkan oleh Toyota. "Enggak (Avanza Transmover) dijual umum, yang Transmover hanya untuk taksinya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya