Moge Bakal Rusak Bila Jarang Dipakai

Motor BMW K1600GTL Exclusive. Ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sejatinya banyak pemilik motor gede yang jarang menggunakan kuda besi istimewanya tiap waktu. Kebanyakan para pemilik moge hanya menggunakannya pada akhir pekan saja. Sejumlah alasannya, tak lain karena kemacetan yang menggurita jika digunakan hari kerja, irit bahan bakar, hingga hanya bagian dari barang hobi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun menariknya, terlalu jarang moge digunakan ternyata juga berdampak buruk pada kendaraan. Secara logika umum tentu barang yang jarang digunakan akan lebih awet, termasuk mobil. Tetapi ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar, bahkan berkebalikan.

Menurut Service Manager BMW Motorrad TB Simatupang, Jakarta, Gunawan Indrajati, terlalu lama menyimpan motor dalam rumah tentunya akan cepat merusak komponen motor. Hal ini karena sejatinya mobil perlu dipanaskan mesinnya untuk melancarkan setiap komponen kendaraan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Tentunya penting untuk dilakukan pemanasan minimal lima sampai 10 menit setiap hari. Itu gunanya untuk melancarkan sirkulasi oli pada kendaraan," kata Gunawan di Jakarta Selatan, Sabtu 26 November 2016.

Umumnya, menurut Gunawan, kerusakan yang rentan terjadi pada motor ketika jarang digunakan yaitu pada bagian mesin. Hal ini karena oli kendaraan tidak beredar di seluruh mesin akibat tidak pernah dinyalakan. Maka itu, Gunawan menyarankan agar motor selalu dipanaskan mesinnya, dan berguna untuk menjaga kondisi aki dan juga oli pada mesin agar tak membeku.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Minimal tiga hari sekali dibawa riding di komplek saja. Kalau tidak riding cukup dipanaskan saja, supaya akinya tidak cepat rusak. Baiknya riding paling sekitar komplek, paling satu sampai dua kilometer supaya oli naik saja," ujarnya.

Ia juga menganjurkan, jika disimpan dan jarang digunakan, usahakan bahan bakar tidak boleh kurang dari setengah tangki. Sebab, jika tidak diisi penuh akan mengakibatkan kondensasi dan memicu penyumbatan kotoran ke pompa bensin.

"Meskipun tidak terkena matahari dan juga disimpan di rumah, soalnya kan ada udara masuk, walaupun tidak kena matahari. Makanya minimal diisi setengah tangki untuk mencegah kondensasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya