Di 2016, Penjualan Daihatsu Sirion Menurun karena LCGC

Daihatsu Sirion Sporty.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Astra Daihatsu Motor merasakan penurunan pasar city car, khususnya untuk produk Sirion, sejak kehadiran mobil Low Cost Green Car yang menawarkan beragam model.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM, mengatakan pasar city car secara keseluruhan pada 2016 turun 17 persen. Namun Sirion turun sekitar 11 persen. 

Secara umum, keseluruhan penjualan ADM sampai Oktober lalu, naik 3 persen. "Tapi yang paling banyak itu di LCGC, karena adanya hatchback LCGC dan MPV LCGC," ujarnya di Ancol, Jakarta, Minggu 27 November 2016.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Melihat statistik itu, dia yakin, keberadaan mobil ramah lingkungan yang mematok harga lebih murah berdampak pada penurunan pasar city car. "Kemungkinan besar iya karena LCGC ini city car turun," tuturnya.

Amelia menjelaskan, kehadiran LCGC memberikan konsumen lebih banyak pilihan. Apalagi model mobil LCGC mirip dengan city car, tapi memiliki harga yang lebih terjangkau.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun
Honda Mobilio di GIIAS 2019

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

HPM mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024. Ternyata, Honda Mobilio masih ada peminatnya walau tak ada penyegaran pada mobil itu sejak 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024