Yamaha Akan Bangkitkan Kembali Scorpio?

Yamaha Scorpio.
Sumber :
  • Bikepict

VIVA.co.id – Yamaha saat ini tengah mengembangkan motor baru yang datang dari segmen naked sport. Motor satu silinder itu diduga menggunakan mesin berkapasitas 200 atau 250cc. Banyak pihak menduga motor itu bisa saja merupakan Scorpio terbaru di mana edisi lawasnya telah disuntik mati. Namun tak sedikit pula pihak menyebut bila motor itu merupakan MT25 satu silinder yang bakal dipasarkan di India.

Motor Baru Yamaha 150cc Meluncur Pekan Depan

Dikonfirmasi terkait hal ini, Asisstant General Manager (GM) Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur, mengelak jika motor itu merupakan Scorpio terbaru. Scorpio sendiri tercatat sudah setop produksi sejak 2013 lalu dengan berbagai pertimbangan. Kendati demikian, Masykur tak menampik memang banyak pihak yang tentu menginginkan adanya Scorpio terbaru, terlebih motor itu sempat berjaya di eranya.

“Untuk saat ini tren Scorpio sudah ditinggalkan. Sekarang orang touring jarak jauh sudah menggunakan N-Max. Kalau dulu memang masa kejayaannya, tapi sekarang harus dipelajari lagi untuk tren motor sport ke arah mana,” kata Masykur kepada VIVA.co.id, Selasa 29 November 2016.

Motor Sport Semakin Tersingkir, Yamaha Belum Menyerah

Seandainya Yamaha kembali menghidupkan kembali Scorpio, Masykur menegaskan bila pihaknya tidak mungkin menggunakan mesin yang sama dengan yang disematkan dulu.

“Kalaupun ada itu enggak bakal turun kelas. Tapi memang sekarang itu dari Scorpio beralihnya ke MT25, meskipun memang enggak sebanyak Scorpio dulu. Kalau faktornya saya juga kurang tahu karena apa,” ujarnya.

Yamaha Indonesia Hadirkan Motor Baru Rp27 Jutaan

Scorpio diketahui memiliki mesin berkapasitas 225cc dan pertama kali diluncurkan pada 2004 silam. Motor itu dahulu dijual dengan banderol sekira Rp24 jutaan.

Motor Yamaha baru yang tepergok tengah diuji jalan.

Sementara itu, jika mengacu dari foto tembakan mata-mata yang berhasil dibidik kamera di India, motor terbaru Yamaha memiliki jok split, spakbor belakang futuristik, dan headlamp yang sama dengan Yamaha Xabre Indonesia. Bagian tangkinya terlihat berotot dengan penambahan shroud di bagian sisi kanan-kirinya.

Motor terbaru Yamaha diuji coba.

Lampu belakang nampak kental dengan TVS Apache RTR 200. Sementara sasis, suspensi dan rem kemungkinan besar akan datang berbagi platform dari Yamaha FZ.

Untuk bagian suspensi depan, motor ini masih menganut sistem teleskopik, sementara bagian belakang dipasangi monoshock. Laporan yang dilansir Thrustzone menyebutkan, peluncuran motor ini akan dilakukan akhir tahun 2017. Jika meluncur, motor ini akan berhadapan langsung dengan beberapa kompetitor yang sudah ada, seperti KTM Duke 200, Bajaj Pulsar RS200, Apache RTR 200, Akula 310, dan Honda CBR250RR.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya