Ini Tanda Rem Parkir Harus Segera Disetel

Rem tangan
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id – Rem tangan atau yang biasa disebut juga rem parkir memiliki peran penting pada kendaraan roda empat. Fungsi utamanya menahan mobil bergerak dalam posisi menanjak maupun menurun.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Rem tangan pun dapat digunakan jika mobil dalam kondisi berhenti cukup lama, seperti dalam kondisi macet maupun saat parkir. Mengingat perannya yang pentig, pemilik kendaraan juga harus memerhatikan komponen ini.

Instruktur Technical Service Training PT Astra Daihatsu Motor Ichsan Adi Permana mengungkapkan, rem tangan juga harus butuh perawatan. Caranya adalah disetel mengikuti perawatan berkala mobil.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Setel rem parkir dilakukan saat perawatan berkala. Bila di Daihatsu setiap 20 ribu kilometer sekali," kata Ichsan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 30 November 2016.

Dia menyarankan penyetelan rem parkir dilakukan di bengkel resmi, sebab umumnya mekanik bengkel resmi telah dibekali pengetahuan yang cukup. 

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Lantas apa tanda rem tangan harus segera disetel?

Menurut dia, ketika jarak tarik dari tangan itu bertambah dan melewati spesifikasi, itu bisa jadi indikasi bahwa celah kampas pada rem belakang bertambah dan bisa disebut aus.

"Lebih baik segera disetel kembali dan minta diberi gemuk di bagian gigi agar kerja rem parkirnya optimal," katanya.
 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya