Alasan BMW Rakit Sedan Termewah di Indonesia

BMW 730Li rakitan dalam negeri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id – BMW Indonesia hari ini resmi meluncurkan mobil termewah mereka yang diproduksi di dalam negeri, yakni 7 Series.

Parkir Mobil BMW Ini Bikin Orang Jengkel Hingga Telat Jalan Kerja

Proses perakitan mobil diserahkan kepada PT Gaya Motor, anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak dalam bidang jasa perakitan kendaraan. Mobil ini didatangkan dalam bentuk terurai dari Jerman oleh PT Tjahja Sakti Motor.

Head of Corporate Communications BMW Indonesia, Jodie O’Tania mengatakan, saat ini baru ada satu tipe 7 Series saja yang dirakit di Indonesia, yakni 730Li.

Mobil BMW Tabrak 4 Motor di Cisarua, 6 Orang Luka-Luka

“Baru ada satu. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk produksi yang tipe lain. Karena, BMW fokus pada memenuhi kebutuhan konsumen,” ujarnya di Jakarta, Rabu 30 November 2016.

Lalu, apa alasan BMW Indonesia berani memproduksi mobil mewah jenis sedan di negara yang mayoritas penduduknya menyukai mobil jenis multi purpose vehicle?

Warganet Geger Lihat Mobil Klasik Teririt di Dunia Dipakai Mudik

Menurut Jodie, jika berbicara mengenai mobil mewah, pasar sedan masih cukup menjanjikan. Sayangnya, ia tidak mau menyebutkan secara pasti pangsa pasarnya. “Masih cukup besar pasar sedan mewah di Indonesia,” ungkapnya singkat.

Selain itu, Jodie menuturkan, alasan lain diproduksinya 730Li di Tanah Air adalah dalam rangka transfer ilmu. Beberapa karyawan Gaya Motor dikirim ke Jerman untuk diberi pengetahuan soal perakitan BMW.

Mereka kemudian kembali ke Indonesia dan menerapkannya di tempat kerja. Dengan adanya hal ini, maka kemampuan tenaga perakit mobil di dalam negeri akan semakin meningkat dan bersaing.

BMW 7 Series diproduksi di Indonesia

BMW 730Li rakitan dalam negeri (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya