Calya dan Sigra Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Daihatsu Sigra.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Badan keselamatan yang bertanggung jawab menguji produk mobil terbaru, ASEAN New Car Assessment Program, beberapa jam lalu mengumumkan hasil uji tabrak yang mereka lakukan selama kuartal terakhir 2016.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Dilansir dari Paultan, Kamis 1 Desember 2016, dari sekian banyak mobil yang diuji, dua di antaranya yakni low cost green car berkapasitas tujuh penumpang dari Toyota dan Daihatsu, yakni Calya dan Sigra.

Beberapa bulan lalu, pihak Daihatsu mengaku sudah mengirim unit untuk diuji oleh ASEAN NCAP. Upaya ini dianggap penting, karena tingkat keselamatan sebuah mobil bisa menentukan seberapa banyak konsumen yang tertarik memilikinya.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan, baik Calya maupun Sigra mendapat empat bintang untuk perlindungan pada orang dewasa. Sekadar informasi, tidak banyak mobil LCGC yang mampu meraih empat bintang.

Alasan dua mobil jenis multi purpose vehicle itu tidak mendapat lima bintang adalah karena tidak dibekali dengan fitur keselamatan terbaru, seperti electronic stability control.

Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Tebak Berapa Nilainya

Sayangnya, nilai berbeda didapatkan saat pengujian dilakukan untuk mengukur perlindungan pada anak-anak. Calya mendapat empat bintang, sedangkan Sigra hanya dua.

Nah, untuk varian Sigra yang tidak dilengkapi dengan kantong udara atau airbag, yakni tipe D dan M, hanya memperoleh satu bintang untuk perlindungan penumpang dewasa.

Uji tabrak Chevrolet Enjoy.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Uji tabrak mobil baru merupakan proses penting dalam memastikan keamanan kendaraan bagi pengemudi dan penumpangnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024