Toyota Bikin Onderdil Berbanderol Lebih Murah

Pelayanan servis Toyota.
Sumber :
  • Foto: WashingtonPost

VIVA.co.id – Layanan purnajual merupakan salah satu faktor konsumen memilih produk otomotif. Itu sebabnya, Toyota selalu mencoba menawarkan inovasi baru untuk memanjakan konsumennya lewat layanan tersebut.

Viral Wanita Ini Nyesel Beli Toyota Vellfire, Cicilan dan Biaya Servis Mencekik!

Dan kali ini, inovasi yang ditawarkan adalah penyediaan suku cadang atau onderdil dengan banderol yang lebih murah. Toyota menyebut onderdil ini sebagai second grade part.

Soal harga, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, mengungkapkan lebih murah hingga 40 persen dibanding onderdil genuine.

Kebakaran di Gambir, Puluhan Rumah dan Toko Onderdil Nyaris Ludes

"Toyota mengembangkan second grade part. Jadi, kami membuat Toyota genuine part, tapi harganya terjangkau. Lumayan bervariasi perbedaan harganya, ada yang 20 persen, 30 persen hingga 40 persen," kata Fransiscus di Kuningan, Jakarta.

Ia juga menjelaskan, second grade part dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan onderdil fast moving. Hal itu dikarenakan, komponen mobil yang paling sering diganti ialah komponen fast moving.

Cari Onderdil Motor Lama Tak Lagi Susah

"Tapi, enggak semua onderdil fast moving dibuat second grade part. Ada juga orang yang maunya Toyota genuine part, dengan membayar lebih mahal. Itu kan pilihan," lanjut Fransiscus.

Masalah garansi, TAM memberi jangka waktu yang sama, yakni satu tahun.

"Garansinya satu tahun. Mungkin, enggak banyak konsumen yang tahu hal ini," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya