Daihatsu Puas Hasil Uji Tabrak Sigra

Daihatsu Sigra.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Badan keselamatan yang bertanggung jawab menguji produk mobil terbaru, ASEAN New Car Assessment Program, beberapa waktu lalu mengumumkan hasil uji tabrak yang mereka lakukan selama kuartal terakhir 2016.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Dari sekian banyak mobil yang diuji, kendaraan low cost green car berkapasitas tujuh penumpang dari Daihatsu, yakni Sigra, mendapat empat bintang untuk perlindungan pada orang dewasa. 

Sayangnya, nilai berbeda didapatkan saat pengujian dilakukan untuk mengukur perlindungan pada anak-anak. Sigra hanya mendapatkan dua bintang.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Padahal, Toyota Calya mendapat hasil empat bintang untuk perlindungan anak. Dan bisa dikatakan, dua mobil tersebut memiliki spesifikasi yang nyaris sama, karena keduanya diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Mengomentari perbedaan hasil tersebut, Marketing and Customer Relation Head Division ADM, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, akan ada peningkatan fitur seiring dengan pengembangan produk.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

"Kalau yang namanya peningkatan fitur itu, biasanya nanti diiringi dengan adanya produk improvement. Kami harus lihat nanti pada waktunya. Tapi untuk sekarang, karena baru diluncurkan, kami belum ada lagi," katanya di Jakarta, Jumat 2 Desember 2016.

Sementara untuk hasil empat bintang pada perlindungan orang dewasa, Hendrayadi mengaku cukup puas.

"Puas dong. Karena, kebutuhan konsumen Daihatsu dengan spesifikasi keamanan seperti itu dirasa sudah cukup. Sebenarnya kan anti-lock braking system kami sudah ada, tapi hanya di veri matik," ujarnya.

Sebagai informasi, untuk varian Sigra yang tidak dilengkapi dengan kantong udara atau airbag, yakni tipe D dan M, hanya memperoleh satu bintang untuk perlindungan penumpang dewasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya