Bosch Ingin Kembangkan Motor Listrik di Indonesia

Motor listrik Viar Pulse.
Sumber :

VIVA.co.id – Produsen penyedia layanan dan teknologi global, Bosch, berencana untuk mendatangkan motor skuter listrik ke Indonesia. Rencana ini akan diwujudkan pada tahun depan.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Dalam pengembangannya, Bosch tidak sendiri. Ada beberapa produsen yang ikut terlibat membangun sepeda motor listrik tersebut.

Presiden Direktur Bosch, Ralf von Baer mengatakan, perkenalan yang akan dilakukan pada 2017 masih berupa purwarupa. Bosch menyediakan beberapa komponennya, termasuk baterai.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

"Kami melakukan kerja sama dengan pabrikan motor, Viar salah satunya. Kami menyediakan baterai dan juga komponen rem serta pendukung lainnya. Untuk bentuk, kami akan berikan kewenangan kepada produsen," kata Ralf di Bogor.

Urusan produksi akan dilakukan di China. Ada dua perusahaan yang disediakan Bosch dengan standar kualitas Jerman.

5 Moge Listrik Keren yang Punya Performa Kencang

"Walaupun di China, kualitasnya berstandar Jerman. Karena, kalau bawa dari Jerman pasti lebih mahal," ujarnya.

Ralf menjelaskan, untuk mendukung idenya tersebut, Bosch akan menawarkan beberapa komponen utama kepada produsen motor, untuk menarik kerja sama.

"Pertama itu baterai. Karena, komponen itu paling penting untuk motor listrik. Kedua adalah ECU (Engine Control Unit), ketiga human machine berbentuk layar sentuh yang dapat dikoneksikan dengan ponsel,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya