Ibu-ibu Sein Kiri Belok Kanan yang Bikin 'Mumet' Polisi

Ibu-ibu sein kiri tapi belok kanan.
Sumber :
  • Welblog.com

VIVA.co.id – Kalangan perempuan acapkali dianggap sebagai sebuah momok tersendiri di jalan raya saat tengah mengendarai sepeda motor. Sebab, sebagian kalangan perempuan dianggap kurang cakap dan piawai saat berkendara, hingga menimbulkan stigma negatif.

5 Pelanggaran Jadi Target Operasi Zebra Jaya 2020

Salah satu contoh yang mengemuka yakni menyalakan lampu belok namun tidak sesuai dengan arah kemudi. Hal itu tentu sangat berbahaya, mengingat pengguna jalan yang ada di belakangnya bisa salah mengartikan tanda lampu tersebut. Perilaku ini kemudian viral dengan julukan "ibu-ibu sein kiri belok kanan".

Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Komisaris Besar Polisi Indra Gautama mengakui telah dibuat kewalahan atas aksi ini. Karenanya, dia mengatakan, telah melakukan berbagai upaya seputar penanganan kasus tersebut.

Polda Metro Gelar Operasi Zebra, 3 Pelanggaran Ini Jadi Sasaran Tilang

Kata Indra, selama ini pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah untuk terus mendidik perempuan agar bisa menjadi panutan atau contoh bagi keluarga dan anak-anaknya.

"Kita sudah menggandeng Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Anak, BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), dia kan punya kader perempuan, sehingga dengan kader itu diharapkan bisa sampai ke keluarga dan bisa sebagai role model, agar anak bisa ikut baiknya," kata Indra, saat ditemui di Jakarta.

Cara Aman untuk Pesepeda dan Pengendara Kendaraan Bermotor di Jalanan

Seharusnya dengan pendidikan yang telah diberikan, perempuan di Indonesia diharapkan sudah bisa sadar akan pentingnya keselamatan berkendara. Sebab, apabila perempuan menjadi pengendara motor dan tidak tertib, hal ini tentu bisa menjadi contoh buruk pada anaknya.

Untuk itu, ia mengimbau agar para wanita yang berkendara untuk terus meningkatkan kewaspadaan di jalan, serta terus menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. "Nah, kalau ibunya naik motor, kan dia sebagai role model, dia juga harus tertib untuk contoh kepada anak-anaknya," ujarnya.
 

Ilustrasi traffic cone

Mirip Topi Penyihir, Ini Sejarah dan Fungsi Utama Traffic Cone

Traffic cone atau kerucut lalu lintas merupakan alat pengendali dan pengaman lalu lintas untuk contra flow, pekerjaan jalan dan bencana alam.

img_title
VIVA.co.id
28 September 2021