Tips Bersihkan Radiator Motor Tanpa harus ke Bengkel

Radiator motor
Sumber :
  • blogotomotif.com

VIVA.co.id – Hujan yang terus mengguyur wilayah Jabodetabek, tentu dapat menimbulkan masalah pada komponen-komponen motor. Salah satunya adalah radiator, yang bertugas menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Umumnya, penyebab yang membuat radiator bermasalah adalah genangan air berlumpur yang akan menyebabkan radiator kotor. Jika sudah begini, radiator harus pula sering-sering dibersihkan.

Posisi radiator pada sepeda motor sport berada di bawah tangki bensin. Posisi ini lebih aman dibandingkan pada skuter matik seperti Vario Techno 125 yang radiatornya berada di kanan bawah dekat knalpot. Posisi ini sangat rentan karena mudah kena percikan air atau kotoran.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, pada dasarnya motor sport atau matik, perawatan radiator itu sudah seharusnya dilakukan agar mesin tidak mengalami overheat. Apalagi pada musim hujan yang di mana biasanya motor akan lebih kotor, radiator harus sering dibersihkan.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin repot mengecek dan juga mengganti air radiator ke bengkel, Mekanik Layz Motor, Yanto Pae memberikan beberapa tips mudah yang bisa dilakukan pemilik untuk merawat radiator sendiri di rumah.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurutnya, dalam melakukan pembersihan dan juga pengurasan air radiator cukup mudah. Pemilik sepeda motor hanya perlu membeli air radiator pengganti, cairan aki dan juga obat untuk membersihkan radiator dari kotoran.

"Pertama, pastikan motor sudah berada pada posisi dingin, agar tidak terjadi muncratan air radiator ke badan yang bisa berbahaya," kata Yanto saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Setelah itu, kata dia, air radiator yang kotor dibuang hingga bersih dan didiamkan selama 5 menit untuk membuat udara hilang. Kata dia, usahakan saat melakukan pengisian aki, motor wajib dinyalakan untuk mempercepat proses pembuangan udara pada radiator.

"Terus, setelah bersih di tutup lagi bagian bawahnya, lalu lakukan pengisian air aki sampai penuh dengan dicampur obat, gunanya untuk membersihkan sisa kerak kotor pada bagian radiator motor. Usahakan dilakukan dua kali agar maksimal," tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, untuk takaran obat yang dicampur dengan aki disarankan satu full aki di dalam radiator, cukup ditabur dua kali obat.

"Catatannya, saat motor menyala dan aki sedang ada di radiator, usahakan sambil digerung pelan saja beberapa kali selama 10 menit, fungsinya untuk mempercepat pembersihan kerak," katanya.

Terakhir, jika sudah selesai, tabur cairan radiator motor secara perlahan hingga penuh, lalu ditutup kembali secara rapih. "Ingat, jangan lupa dibersihkan sisa air radiatornya, supaya tidak ada masalah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya