Alat Ini Bisa Bobol Mobil Baru Tanpa Ketahuan

Ilustrasi fitur keyless entry pada mobil.
Sumber :
  • Bestride

VIVA.co.id – Guna mencegah terjadinya tindak pencurian, pabrikan melengkapi mobil keluaran terbaru dengan fitur immobilizer dan keyless entry.

Keberadaan Mobil Caren Delano Terlacak, Polisi Siap Lakukan Pengejaran

Dengan dua fitur tersebut, pemilik dapat masuk ke dalam mobil dan menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci sama sekali.

Hal ini bisa dilakukan berkat adanya rangkaian elektronik di dalam remote. Rangkaian ini berfungsi mengirim sinyal dari komputer mobil. Untuk meningkatkan keamanan, kekuatan sinyal diatur hanya untuk jarak 1-2 meter saja.

Caren Delano Mau Ketemu Sopir yang Curi Mobilnya, Ternyata Baru Kerja 1 Minggu

Masing-masing remote hanya berfungsi pada satu komputer. Jadi, meski merek dan tipe mobil sama, namun sinyal yang dikirim remote berbeda.

Umumnya, fitur ini juga disandingkan dengan teknologi menghidupkan mesin dengan menggunakan tombol. Caranya sama, komputer akan mendeteksi keberadaan remote di dalam mobil.

Pengakuan Waria Bawa Kabur Mobil Teman Kencan Usai Check-in di Hotel

Namun, seperti dilansir dari Carscoops, Kamis 8 Desember 2016, baru-baru ini National Insurance Crime Bureau (NICB) di Amerika Serikat menemukan alat baru yang bisa menangkap sinyal tersebut.

Badan yang mengurus soal penipuan asuransi ini mengatakan, mereka mendapat alat khusus yang dijual oleh produsen elektronik dari luar AS.

Alat ini dapat menangkap sinyal yang dikirim remote, meski jarak alat dari mobil cukup jauh. Setelah berhasil merekam sinyal, data tersebut kemudian ditransfer ke alat pemancar.

Alat pemancar dibawa ke dekat mobil dan diaktifkan. Dalam hitungan detik, si pemegang alat dapat masuk dan menghidupkan mesin tanpa menyalakan alarm.

Dari percobaan yang dilakukan NICB pada 38 mobil, ada 18 yang berhasil dinyalakan mesinnya. Guna kepentingan penyelidikan, NICB merahasiakan alat yang dimaksud serta dari mana mereka mendapatkannya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya