Garis-garis di Kaca Belakang Mobil, Apa Fungsinya?

Defogger.
Sumber :
  • Hyundai

VIVA.co.id – Sampai saat ini mungkin sebagian pemilik kendaraan masih tak mengetahui apa fungsi garis-garis melintang di kaca belakang mobil. Garis-garis tersebut ternyata bukan hanya sekadar hiasan belaka, melainkan memiliki fungsi dan bagian dari fitur keselamatan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Direktur PT Maxpro Adi Perkasa, Andre Susanto, garis tipis horizontal yang terdapat pada kaca belakang mobil disebut defogger. Garis itu sangat berfungsi saat hujan atau cuaca dingin mendera.

"Itu defogger ya namanya, lebih ke antikabut. Kalau ke daerah gunung atau dingin itu berfungsi. Karena fungsinya mengurangi kabut," kata Andre saat ditemui di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 8 Desember 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia menyebut, penggunaan defogger di Jakarta tak berlaku mengingat ibu kota bukan dataran tinggi. Garis-garis berwarna cokelat ini umumnya mampu menghantarkan panas. Jadi suhu panas inilah yang dapat menghilangkan embun pada kaca mobil. 

"Kalau dipakai mobil di Jakarta itu enggak berfungsi, karena enggak ada kabut juga kan di sini (Jakarta)," ujarnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Sebagian dari Anda pasti bertanya, bagaimana jika tertutup kaca film, apakah defogger masih berfungsi? Andre menyarankan bila pemilik mobil ingin melapisi defogger dengan kaca film sebaiknya memilih yang berkualitas baik. Sebab apabila kaca film rusak bakal berdampak pada defogger.

"Kalau defogger rusak atau garis-garisnya putus ya ganti sama kaca-kacanya. Enggak bisa diganti seperti komponen lainnya, jadi sayang kalau pakai kaca film yang murah," katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022