Alasan Waktu Servis Mobil Pikap Perkebunan Lebih Cepat

Mitsubishi Triton.
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Mobil jenis pikap kabin ganda seperti Mitsubishi Triton, tidak hanya digunakan sebagai kendaraan pribadi saja.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Kendaraan dengan fitur all wheel drive ini kerap digunakan sebagai moda transportasi di perkebunan dan pertambangan, seperti kelapa sawit, kertas, karet, minyak, dan batubara.

Servis Manager bengkel resmi Mitsubishi Jambi, Yasri mengatakan, mobil yang digunakan di perkebunan dan pertambangan mobilitasnya lebih tinggi.

Ribuan Tesla Cybertruck Alami Masalah Pedal Gas

"Pencapaian km (kilometer) lebih cepat. Kalau pemakaian pribadi, 10 ribu km bisa dua, atau tiga bulan. Sementara, di perkebunan hanya satu bulan. Untuk 20 ribu km, pribadi bisa satu tahun, perkebunan dan pertambangan hanya tiga bulan," ujarnya di Jambi, Jumat 9 Desember 2016.

Soal komponen yang perlu dicek, menurut Yasri, tidak ada perbedaan antara penggunaan pribadi dan bisnis.

Toyota Hilux dan Isuzu D-Max Bakal Dapat Saingan Pikap Baru

"Kami biasanya melakukan pemeriksaan menyeluruh, mulai dari kinerja rem, oli mesin dan oli transmisi, di 20 ribu km," jelasnya.

Umumnya, kampas rem sudah harus diganti saat km mencapai 20 ribu. Selain itu, teknisi juga akan memeriksa kondisi saringan udara, saringan bensin dan saringan oli.

"Kalau perkebunan dan pertambangan, 20 ribu km sudah ganti rem depan belakang. Penggantian ban biasanya tiap enam bulan. Kalau penggunaan di jalan aspal, ganti ban dan rem satu tahunan lebih," ungkapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya