Apa Fungsi Anak Kunci yang Ketiga pada Mobil?

Ilustrasi kunci mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Saat menerima mobil baru, ada sejumlah mobil yang dibekali dengan tiga kunci. Kunci pertama merupakan kunci utama yang digunakan untuk berkendara. Sementara kunci kedua merupakan cadangan yang bisa digunakan bila kunci utama hilang. Lantas, apa guna anak kunci yang ketiga?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dilansir AstraWorld, Minggu, 11 Desember 2016, banyak pemilik kendaraan yang tak mengetahui fungsi anak kunci yang ketiga, padahal fungsinya berlaku saat Anda berkendara ke tempat-tempat yang menyediakan jasa valet --petugas pelayanan parkir-- untuk memarkirkan mobil Anda. 

Jasa valet memang terbilang membantu untuk mencari tempat dan memarkir mobil, akan lebih praktis bila menyerahkan kunci kepada mereka. Sementara Anda tinggal masuk ke hotel, mal atau gedung yang dituju.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Artinya, kunci ketiga itulah yang sebaiknya Anda serahkan kepada valet, bukan kunci utama yang biasa digunakan sehari-hari untuk menghidupkan mesin mobil. Sebab, ada perbedaan fungsi antara kunci utama, kunci cadangan, dan kunci ketiga ini. 

Kunci untuk valet ini hanya bisa digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Ia tidak dapat digunakan untuk membuka laci yang ada di dashboard mobil. Hal tersebut untuk meminimalisir kemungkinan Anda kehilangan barang-barang berbentuk kecil namun nilainya sangat mahal.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Akan sangat baik lagi apabila sebelum menyerahkan mobil dan kunci ketiga, Anda merapikan kembali barang-barang yang ada di dalam kabin. Barangkali ada dokumen atau benda-benda yang tidak ingin Anda bawa tapi masih berserakan di dalam kabin. Bila memungkinkan, masukkanlah ke dalam laci atau letakkan di tempat-tempat tersembunyi.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022