Kesamaan Ducati dengan Avanza, Tak Banyak yang Tahu

Ducati 1299 Panigale S
Sumber :
  • Ducati

VIVA.co.id – Seluruh mesin pada sepeda motor Ducati diketahui mengadopsi teknologi Desmodromic Variable Timing (DVT). Sistem kerja DVT ternyata sama seperti pada teknologi VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligent) yang berada di balik mesin Toyota Avanza.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Menurut Attilio Guidetti, Service Manager Ducati Asia Pacific, DVT memiliki tugas mengatur pergerakan camshaft saat buka tutup klep. Sementara pergerakan DVT diatur sepenuhnya oleh sensor. "Kami punya variable timing seperti teknologi mesin Toyota VVT-i di motor. Jadi di 2.000 rpm, motor kami (buka gas sedikit) tenaga sudah dapat," ujarnya di Kemang, Jakarta Selatan, Minggu 11 Desember 2016.

Pada mesin Avanza, kini sudah menganut dual VVT-i yang mampu mengatur buka-tutup intake (asupan) dan knalpot. Sementara pada Avanza lawas yang masih menganut VVT-i tunggal, hanya mampu mengatur buka-tutup intake. "DVT mampu membuat bahan bakar lebih efisien, dan motor lebih bertenaga meski rpm masih rendah," tutur dia.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Attilio Guidetti juga menjelaskan mengapa Ducati mengusung konfigurasi “L twin” pada sepeda motornya. Dengan begitu, kata dia, satu mesin berposisi tidur, sementara mesin lainnya tegak lurus berdiri.

"Pada model naked (mesin duduk tegak), tenaga mengisi halus di putaran bawah, jadi tidak buat terjengkang. Kita pakai sudut 11° (testastretta 11) karena sudut overlap dari klep in dan out. Overlap dibuka-tutup klep, jika punya timing berbeda, punya tenaga dan torsi lebih, dengan pengendaraan halus," bebernya.

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman
Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Mudik Lebaran seringkali menghadirkan pengalaman yang unik dan tak terduga bagi para pemudik. Belakangan ini, media sosial diramaikan oleh kejadian menarik yang dilakukan

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024