Ini Komponen Motor yang Wajib Diperiksa Usai Pergi Jauh

Pengendara sepeda motor. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor harus memperhatikan banyak faktor. Terlebih setelah motor dipaksa 'kerja keras' mengaspal.

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Menurut Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid, saat menempuh perjalanan jauh, motor telah bekerja secara maksimal, apalagi kondisi jalan kerap kali mengalami kemacetan. Karena itu, yang perlu diperiksa pertama kali adalah kondisi oli mesin.

"Hal pertama yang perlu diperiksa ialah oli. Perhatikan apakah oli masih sesuai standar, karena oli memiliki fungsi melumasi, mendinginkan serta mencegah karat, sehingga komponen ini perlu diperiksa kembali setelah menempuh perjalanan jauh," katanya kepada VIVA.co.id, Senin, 12 Desember 2016.

2 Sepeda Motor Baru Honda Resmi Terdaftar di Indonesia

Tak cuma itu, periksa ulang kondisi rem dan lampu adalah hal penting yang harus dilakukan. "Lalu sistem rem apakah berfungsi dengan baik untuk depan dan belakang itu wajib untuk diperiksa. Cek kondisi lampu, pastikan fungsinya bagus untuk depan dan belakang," ujar Muhammad.

Selain itu, cek kondisi ban. Apakah ban masih layak digunakan atau tidak. Karena perjalanan jauh tentu saja mempengaruhi kondisi ban yang digunakan. Tidak lupa juga untuk memeriksa stelan gas, agar kondisi kendaraan lebih optimal.

Pengendara Motor yang Mudik akan Dikawal Polisi

"Kenapa harus diperhatikan karena apabila stelannya kekecilan pasti motor mati-mati kalau kebesaran nanti susah untuk dikendalikan, terlebih pada saat mesin panas, karena gas biasanya akan naik."

(mus) 

Kendaraan milik pengemudi sedan yang hancur usai tabrak pengendara motor dan 3 pedagang di tangerang

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Pengemudi mobil sedan diamankan polisi setelah menabrak 3 pedagang dan pengendara roda dua yang sedang membawa penumpang, akibatnya satu orang dinyatakan tewas di tempat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024