Efek Buruk Bikin Irit BBM Lewat ECU Mobil

ECU mobil.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id – Pemilik bengkel HB Car Computer Hendry mengungkapkan, engine control unit untuk mobil yang dipasarkan di tiap negara berbeda-beda, meski sama-sama buatan Jepang.

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Pria yang sehari-hari mengerjakan perbaikan ECU itu mengatakan, ECU mobil merek Jepang yang dijual di Indonesia diprogram khusus sesuai dengan kondisi jalan yang ada.

"Perbedaannya mulai dari durasi, waktu pengapian dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan injektor. Saya coba langsung, enggak usah pakai teori dyno," ujarnya kepada VIVA.co.id di BSD, Tangerang Selatan.

Daftar Mobil Baru di Bawah Rp100 Juta yang Bensinnya Irit Banget

Menurutnya, saat ini banyak orang tertipu dengan komponen peningkat performa mobil aftermarket. Contohnya seperti piggyback, yang diklaim bisa mengubah aturan standar ECU.

"Perangkat aftermarket itu cuma buat orang merasa mobilnya kencang. Lebih ke psikologis. Terlebih bila ditunjang dengan angka-angka pada dyno meter,” ungkapnya.

Terpopuler: 6 Mobil Baru Harga Rp100 Jutaan, Ada Diskon Besar di IIMS 2024

Menurutnya, mengubah aturan standar pada ECU (remapping) sangat tidak disarankan. Karena, hal itu bisa membuat mesin mudah rusak.

"Kita tidak bisa memaksakan ECU agar menyemprotkan bensin lebih sedikit, dengan pengapian yang sedikit, agar bensin lebih irit. Karena, ada efeknya," ujarnya.

Ia mengaku, sudah membahas hal tersebut beberapa kali dengan para mekanik bengkel. "Kalau mau irit, otomatis bensin ‘dicekik’. Efeknya, piston hancur dalam 2-3 bulan. Karena, asupan bensin yang disalurkan injektor untuk ruang bakar tidak sesuai," katanya.

Hal yang sama juga berlaku pada peningkatan performa. Hendry mengatakan, mengatur ulang ECU agar menyemprotkan bensin lebih banyak juga berisiko.

Itu sebabnya, ubahan pada ECU disarankan hanya dilakukan pada mesin-mesin yang sudah dimodifikasi. Karena spesifikasinya berubah, otomatis pengaturan standar pada ECU tidak berlaku, dan harus diatur ulang sesuai kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya