Mengenal Lebih Dekat Fitur Advance Key System pada Motor

Advance Key System
Sumber :
  • Yamaha

VIVA.co.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyematkan fitur Advance Key System (AKS) dan Start Stop System (SSS) di Yamaha Mio M3 dan All New Soul GT. Apa menariknya dari fitur baru Yamaha ini?

Motor Sport Semakin Tersingkir, Yamaha Belum Menyerah

Ferry, Servis Education PT YIMM, mengatakan, Advance Key System ini bukan hanya answer back saja (alarm untuk menyalakan buzz dan kedua sein sebagai petanda di parkiran), tapi ada juga Auto Open Key Starter. Lantas gimana cara menggunakannya?

"Answer back, kita tinggal tekan tombol di kunci kontak dan motor akan bunyi dengan indikator lampu sein depan belakang nyala. Ini membantu Anda saat di lahan parkir yang padat jika sedang mencari motor," katanya kepada VIVA.co.id.

Yamaha Indonesia Hadirkan Motor Baru Rp27 Jutaan

Sementara, Auto Open Key Starter tentu fungsinya berbeda. Karena fitur ini untuk memudahkan pengemudi saat kondisi gelap atau terbur-buru jika ingin memasukan anak kunci ke rumah kontak.

"Kita tinggal tekan lebih lama (kunci kontak), kalau satu detik nyalakan answer back, kalau dua detik dia langsung buka (tutup rumah kunci) dan plus lampu LED akan menyala di lingkar kontaknya," katanya.

Pakai Warna Baru, Motor Yamaha MT-25 Dibanderol Rp55 Jutaan

Gimana cara kerja, dan komponen apa saja yang bersarang dibalik kedua sistem ini? "Remot akan memberikan sinyal dan punya resiver itu part barunya. Kemudian sensor akan meneruskan ke buzzer atau alarm yang menghasilkan suara 'bep..bep., dan menyalakan lampu sein," katanya.

Sambung dia, kalau untuk sistem pembuka tutup kunci ketika akan memberikan informasi ke kunci kontak itu melewati part solenoid seperti magnet. "Jadi kalau dialiri listrik dia jadi magnet dan langsung menarik tutupan kunci itu," katanya.

Yamaha NMax

Vaksin di Sini Bisa Dapat Rp500 Ribu dan Tukar Motor Baru

Vaksin covid-19 di diler Yamaha bisa dapat uang Rp500 ribu, sekaligus bisa menukar motor lama dengan baru dengan program yang disediakan.

img_title
VIVA.co.id
29 September 2021