Perawatan Kunci Kontak Terbaru Motor Matik, Ini Pantangannya

Logo Yamaha.
Sumber :
  • Yamaha

VIVA.co.id – Yamaha Mio M3 dan All New Soul GT kini telah dibekali fitur Advance Key System (AKS) atau kunci kontak pintar yang dapat terbuka sendiri dan telah terintegrasi dengan alarm. Yang jadi pertanyaan, rumitkah perawatannya?

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Fitur AKS memang terbilang sangat unik. Saat auto lock atau penutup kunci di rumah kontak terbuka, terdapat lampu LED sebagai petanda agar memudahkan Anda memasukan kunci di malam hari atau di tempat gelap.

Ferry, Servis Education PT YIMM, mengatakan, kalau sistem kunci ini akan error sangat kecil kemungkinan. Kata dia, kalau terkena air seperti hujan juga masih aman, karena ada pelindung atau sil di rumah kontak atau kuncinya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Kecuali sampai direndam kunci kontaknya jelas kita tidak rekomendasi. Karena bisa masuk juga airnya dan bisa rusak, soalnya tekanan airnya tinggi kalau direndam," katanya kepada VIVA.co.id.

Tapi bagaimana jika motor dicuci dengan full steam? Kata dia, kalau di rumah kontak sudah ada proteknya, jadi seperti solenoid yang menjadi part pembuka auto lock ini masih aman.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Solenoid ini juga letaknya di dalam cover atau di belakang kunci kontak, jadi meskipun sering terkena air tetap aman meskipun cara mencucinya dengan semprotan full steam," tuturnya.

Terkecuali, saat mencuci motor sering sekali auto lock rumah kontak terbuka. Lanjut dia, kunci terbuka (auto lock) dan sering disemprot air juga tidak membuat kerusakan pada solenoid. "Paling lubang kuncinya saja jadi berkarat kalau terus dicuci dalam keadaan terbuka," katanya.
 

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022