TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Menguak Sistem yang Bikin Starter Aerox 155 Lebih Senyap

Yamaha menamakan sistem ini Smart Motor Generator.
Menguak Sistem yang Bikin Starter Aerox 155 Lebih Senyap
Yamaha Aerox 155 (VIVA.co.id/Purna Karyanto )

VIVA.co.id – Bulan lalu, Yamaha resmi mengenalkan motor baru yang masuk dalam segmen skuter matik. Motor yang diberi nama Aerox 155 itu mengusung banyak teknologi baru.

Salah satu teknologi yang dimaksud adalah Smart Motor Generator. Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Ferry mengatakan, Aerox adalah motor pertama Yamaha yang memakai SMG.

Pada prinsipnya, SMG adalah sebuah alat yang memiliki dua fungsi. Fungsi pertama yakni sebagai starter untuk menghidupkan mesin. Sedangkan fungsi kedua yaitu sebagai generator pembangkit listrik.

Berbeda dari motor starter pada umumnya, SMG terhubung langsung ke crankshaft mesin. “Jadi, tidak ada lagi suara kasar saat mesin dihidupkan memakai tombol starter,” ujar Ferry kepada VIVA.co.id.

Ketika tugas sebagai starter sudah selesai, maka SMG akan berubah menjadi generator. Listrik yang dihasilkan akan disalurkan ke aki, sehingga aki bisa terisi penuh dalam waktu lebih singkat.

Tugas mengubah starter menjadi generator diserahkan kepada engine control unit. Jadi, sistem ini akan bekerja secara otomatis, tanpa perlu masukan dari pengendara.

Sayangnya, karena sistem ini terdiri dari banyak komponen, maka perbaikannya akan lebih rumit jika dibandingkan dengan motor starter biasa.

"Lebih kompleks SMG dibanding dinamo starter. Karena, rangkaiannya lebih rumit dan ada pengaturan di ECU. Kalau dinamo starter, hanya menggunakan motor, tidak harus memikirkan switch dari ECU.” 

Sekadar informasi, sistem ini sudah lebih dulu diperkenalkan oleh pesaing Yamaha, yaitu Honda. Pada jajaran motor skuter matiknya, Honda menamakan fitur ini sebagai alternating current generator atau ACG Starter.

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP