Menguak Sistem yang Bikin Starter Aerox 155 Lebih Senyap

Yamaha Aerox 155VVA tipe S.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Bulan lalu, Yamaha resmi mengenalkan motor baru yang masuk dalam segmen skuter matik. Motor yang diberi nama Aerox 155 itu mengusung banyak teknologi baru.

Yamaha Pede Aerox 155 Masih Sanggup Lawan Honda Vario 160

Salah satu teknologi yang dimaksud adalah Smart Motor Generator. Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Ferry mengatakan, Aerox adalah motor pertama Yamaha yang memakai SMG.

Pada prinsipnya, SMG adalah sebuah alat yang memiliki dua fungsi. Fungsi pertama yakni sebagai starter untuk menghidupkan mesin. Sedangkan fungsi kedua yaitu sebagai generator pembangkit listrik.

Punya Duit Rp30 Juta, Beli Honda Vario 160 atau Yamaha Aerox 155?

Berbeda dari motor starter pada umumnya, SMG terhubung langsung ke crankshaft mesin. “Jadi, tidak ada lagi suara kasar saat mesin dihidupkan memakai tombol starter,” ujar Ferry kepada VIVA.co.id.

Ketika tugas sebagai starter sudah selesai, maka SMG akan berubah menjadi generator. Listrik yang dihasilkan akan disalurkan ke aki, sehingga aki bisa terisi penuh dalam waktu lebih singkat.

Rontok Banyak, Harga Yamaha Aerox Bekas Sekarang Cuma Segini

Tugas mengubah starter menjadi generator diserahkan kepada engine control unit. Jadi, sistem ini akan bekerja secara otomatis, tanpa perlu masukan dari pengendara.

Sayangnya, karena sistem ini terdiri dari banyak komponen, maka perbaikannya akan lebih rumit jika dibandingkan dengan motor starter biasa.

"Lebih kompleks SMG dibanding dinamo starter. Karena, rangkaiannya lebih rumit dan ada pengaturan di ECU. Kalau dinamo starter, hanya menggunakan motor, tidak harus memikirkan switch dari ECU.” 

Sekadar informasi, sistem ini sudah lebih dulu diperkenalkan oleh pesaing Yamaha, yaitu Honda. Pada jajaran motor skuter matiknya, Honda menamakan fitur ini sebagai alternating current generator atau ACG Starter.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya