Cara Cek Kondisi Ban Mobil Sebelum Liburan

Tanda segitiga kecil untuk mengukur ketebalan ban mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Mobil yang akan digunakan sebagai kendaraan berlibur, jangan lupa kaki-kaki diperiksa terlebih dahulu, seperti halnya ban. Sebab, karet bundar ini bagian yang penting dalam kendaraan.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Lantas bagaimana caranya untuk memastikan ban dalam kondisi bagus alias masih aman untuk digunakan perjalanan jarak jauh?

Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, mengatakan, untuk memastikan kondisi ban masih bagus atau tidak tentu dilihat dari ketebalan kembangnya. Kata dia, secara kasat mata pasti terlihat, tapi bisa juga dilihat dari indikatornya.

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

"Setiap ban ada Tire Wire Indikator, jadi pada dinding ban dekat kembang biasanya ada tanda segitiga kecil. Ketika kembang ban itu sudah menyentuh atau lurus dengan lambang segitiga berarti ban sudah habis," ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa, 27 Desember 2016.

Selain itu bisa juga melihat kondisi ban masih bagus atau tidak dari depan, tapi hanya sekilas saja tidak terlalu detail. "Intinya jika kembang ban itu ketebalannya sudah 1,6 milimeter berarti harus diganti," katanya.

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun Anti Mainstream di Hong Kong

Menurutnya, kondisi kembang ban juga harus sama tebalnya atau pun bentuknya. "Ada saja orang yang tidak memperhatikan kondisi tebal tipisnya ban rata atau tidak, sebab kalau tebal ban kiri dan kanan berbeda akan berbahaya," tuturnya.
 

Oleh-oleh dari Bali

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

Bali juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya. Pie susu, kopi Bali, dan cokelat lokal merupakan favorit para wisatawan untuk dibawa pulang.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2023