Sensor Parkir Baru Toyota Pakai Teknologi Kapal Selam

Ilustrasi sistem sensor parkir
Sumber :
  • Carscoops

VIVA.co.id – Meski sudah dibekali dengan sensor parkir, namun masih banyak pengemudi yang kurang lihai mengoperasikan mobil saat parkir.

Viral Wanita Ini Nyesel Beli Toyota Vellfire, Cicilan dan Biaya Servis Mencekik!

Alhasil, mereka terlibat kecelakaan, baik kecil maupun besar. Bahkan, tidak jarang ada korban tewas akibat pengemudi salah menginjak pedal kala parkir mundur.

Itu sebabnya, Toyota merancang sistem sensor parkir baru yang lebih aman dan mudah digunakan. Sistem ini diklaim dapat mengurangi tingkat kecelakaan hingga 70 persen akibat salah injak pedal rem, dan pengurangan 40 persen karena parkir mundur.

Ini Bocoran SUV Baru Toyota

Dilansir dari Carscoops, Kamis 29 Desember 2016, Toyota telah melakukan uji coba sistem tersebut beberapa waktu lalu. Ada 63 ribu mobil tipe Alphard, Vellfire dan Prius, yang digunakan untuk uji coba.

Hasilnya, sebanyak 26 ribu mobil yang telah dilengkapi dengan sistem Intelligent Clearance Sonar itu diklaim bisa mengurangi kecelakaan yang melibatkan kesalahan injak pedal serta menabrak benda yang ada di belakang.

Innova Edisi Spesial Meluncur Besok, Cuma 50 Unit

Sensor ini mengandalkan gelombang suara yang dikeluarkan oleh pemancar khusus. Pantulan gelombang suara akan diterima oleh mobil dan dijadikan dasar penghitungan jarak.

Sistem sonar (sound navigation and ranging) sebelumnya sudah banyak dipasang pada kapal selam. Sonar digunakan untuk mendeteksi jarak dengan kapal atau kapal selam lain.

Cara kerja ICS adalah mengandalkan sonar untuk mengukur jarak. Sistem ini terhubung ke pedal gas. Bila sensor mendeteksi jarak terlalu dekat dengan objek yang ada di belakang, sistem otomatis memutus hubungan antara pedal gas dengan mesin. Hasilnya, meski pengemudi menginjak pedal gas, mobil tidak akan bergerak mundur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya