Jalanan di Prancis Bisa Hasilkan Listrik, Kok Bisa?

Jalanan dari panel surya di Normandia Perancis.
Sumber :
  • leftlanenews

VIVA.co.id – Kemajuan teknologi kian berkembang pesat. Terobosan baru kerap bermunculan. Di Prancis misalnya, baru-baru membangun jalanan yang terbuat dari panel surya. Mereka mengklaim ini pertama di dunia.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Terletak di Desa Tourouvre-au-Perche di Normandia, jalan panel surya ini baru diberdayakan sepanjang 1 kilometer dengan total investasi 5 juta euro atau setara Rp69 miliar. Demikian dilansir dari Leftlananews, Kamis, 29 Desember 2016.  

Untuk mewujudkannya, pemerintah Prancis dan Cola sebagai perusahaan penyedia jasa, mengintegrasikan 2.880 panel surya yang semuanya dihamparkan di jalan. Jalan panel yang dijuluki Wattway ini bakal dikembangkan di wilayah lain di Prancis.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Panel ini mampu menyerap panas dan menghasilkan listrik hingga 1.500 kilo watt jam per hari pada musim panas. Ini terobosan terbaru dalam hal produksi listrik dari tenaga surya.

Komposisinya, permukaan jalan diberi komposit berlapis yang menempatkan sel PV di bawah permukaan pelindung. Atasnya diberi lapisan bertekstur untuk ban kendaraan.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

Colas menyatakan, setiap 20 meter persegi panel Wattway mampu menghasilkan listrik yang cukup untuk memasok satu rumah, berdasarkan rata-rata konsumsi listrik di Prancis.

Ilustrasi Ibu Bekerja

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Di seluruh dunia, masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, yang dikenal sebagai work life balance.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024