Kunci Patah Saat Hidupkan Mesin, Jangan Panik

Ilustrasi kunci mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Akan sangat menyebalkan, bila Anda sedang terburu-buru berangkat kerja, namun tiba-tiba kunci mobil patah saat sedang menghidupkan mesin.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Selain telat tiba di kantor, Anda juga harus bersusah payah mengeluarkan patahan anak kunci yang tertinggal di dalam lubang.

Penggawa Afel Variasi, Asen mengungkapkan, peristiwa tersebut biasanya dialami pemilik mobil yang menggunakan kunci duplikat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Bahan kunci duplikat itu berkualitas rendah, enggak sekuat kunci bawaan pabrik. Biasanya, awalnya sudah bengkok karena tertekuk saat disimpan di dalam kantong," kata Asen kepada VIVA.co.id di MGK Kemayoran, Jakarta, Jumat 30 Desember 2016.

Bila hal itu terjadi, Asen memiliki solusi mudah. Anda hanya perlu menyiapkan lem dengan daya rekat tinggi.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Olesi ujung anak kunci yang patah dengan lem, kemudian tempelkan pada patahan yang tersangkut di dalam lubang. Biarkan mengering beberapa detik, lalu coba keluarkan secara perlahan.

"Kalau enggak bisa dicabut, harus membongkar rumah kunci. Datang saja ke ahli kunci, tarifnya sekitar Rp300 ribu. Dan kalau kunci bisa dicabut, buat kunci duplikatnya seharga Rp60 ribu. Cari yang terbuat dari baja," ungkapnya.

Ilustrasi kunci remote mobil.

Jangan Panik, Ini Penyebab Remote Kunci Tidak Bekerja

Remote kunci pada mobil bisa berfungsi untuk membuka atau mengunci pintu mobil, secara keseluruhan sehingga bisa memudahkan pemilik mobil.

img_title
VIVA.co.id
24 Juli 2022