TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jangan Lupa Cek Kaki-kaki Mobil Usai Libur Panjang

Kondisi jalan yang tidak selalu mulus bisa membuat baut longgar.
Jangan Lupa Cek Kaki-kaki Mobil Usai Libur Panjang
Komponen kaki-kaki mobil. (Herdi Muhardi/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Saat ingin menghabiskan libur panjang dengan menggunakan kendaraan pribadi, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengecek kondisi mobil.

Hal ini untuk memastikan perjalanan dapat dilakukan tanpa ada kendala. Dan menurut Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurrahman, pengecekan sebaiknya dilakukan sebelum dan seduah perjalanan.

“Saat hendak melakukan perjalanan, harus cek jumlah dan kualitas oli, jumlah dan kualitas air pendingin mesin (radiator), kondisi rem, tekanan ban dan kondisi kembang ban, serta kondisi pendingin udara kabin,” ungkap Iwan kepada VIVA.co.id.

Sementara itu, pengecekan pasca perjalanan jauh juga perlu dilakukan, untuk mengetahui apakah ada komponen yang longgar atau berkurang kemampuannya.

“Saat pulang liburan, harus dicek lagi. Kurang lebih sama dengan sebelum pergi pengecekannya. Cuma, biasanya akan bertambah (jumlah pengecekannya), entah itu kondisi kaki-kaki atau bodi mobil,” kata Iwan.

Menurutnya, kaki-kaki mobil kerap mengalami penurunan performa, karena mobil baru saja menempuh perjalanan jauh dalam waktu yang lama.

Kondisi jalan yang tidak selalu mulus membuat peredam kejut harus bekerja keras menjaga kenyamanan penumpang.

Banyaknya guncangan juga bisa membuat beberapa baut longgar, sehingga perlu diperiksa dan dikencangkan sesuai standar pabrik.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
LAINNYA
TERPOPULER
TAG TERPOPULER
TUTUP