TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Deretan Mobil Berwujud Aneh, Akhirnya Batal Produksi

Mobil-mobil konsep ini diproduksi pabrikan-pabrikan ternama.
Deretan Mobil Berwujud Aneh, Akhirnya Batal Produksi
Lexus konsep dengan ban terbuat dari es. (CNN)

VIVA.co.id – Pada dasarnya tiap pabrikan otomotif di dunia tentu kerap berinovasi agar produk-produknya laris di pasaran. Sebelum diproduksi secara massal, mobil atau motor pasti dibuatkan terlebih dahulu versi purwarupa alias konsepnya.

Tujuannya, berdasarkan teori teknis, kendaraan konsep perlu dibuat pabrikan agar dapat membuktikan atau sekadar mengukur reaksi pelanggan dengan ide-ide perubahan arah yang dilakukan. Hal itu menjadi sesuatu yang mahfum bagi industri miliar dolar sekelas pabrikan otomotif.

Jika kembali pada era 1950-an dan 1960-an, mobil konsep banyak dipercaya pabrikan dapat-benar-benar diterapkan sebagai mobil masa depan. Namun belakangan, konsumen justru memiliki pandangan dan selera lain, sehingga ada saja mobil konsep yang hanya diwujudkan untuk diproduksi pada bagian gagang pintunya saja, spionnya saja, atau roda-rodanya saja. Sementara sisanya hanya sebagai ide yang dimusnahkan.

Dari sekian banyak mobil konsep, ternyata memang ada yang memiliki wujud mustahil untuk diterapkan pada industri otomotif. Dilansir CNN, Rabu, 4 Januari 2017, seperti Toyota pada model Setsuna konsep. Desainnya amat aneh, karena lebih mirip sebuah perahu. Mobil dua penumpang itu juga dijejali kayu-kayu pada bagian bodinya pengganti pelat besi. Aksen kayu juga nampak ke bagian pelek.

Toyota Setsuna konsep.

Toyota Setsuna konsep.

Toyota sempat membawa mobil itu di ajang Milan Design Week. Namun belakangan, Toyota menyebut bila Setsuna konsep memang tak pernah dimaksudkan untuk mencapai produksi massal, namun hanya sekadar bersenang-senang semata.

Tak cuma Toyota, BMW juga pernah membuat versi konsep yang terlihat 'gila'. Bagaimana tidak, mereka membuat sebuah konsep yang disebut BMW GINA, namun dengan desain membelalakkan mata. Sepintas mirip ikan paus. Keunikan ada pada bagian bodinya, terbuat dari kain yang dikencangkan hingga nampak membentang seperti sayap.

BMW juga membuat serangkaian konsep yang gagal, seperti 'Hommage' yang dilakukan pada 2011 lalu, saat hendak menandai ulang tahun ke-75 sebuah mobil mereka. Namun konsep itu gagal diwujudkan karena terbilang mustahil.

Ada pula Quattro konsep yang dibangun Audi. Mobil itu memiliki desain eksentrik hingga lima tahun kemudian setelah dirilis tak kunjung diproduksi secara massal. Saat ini konsepnya nampaknya telah berlalu. Sederet mobil lainnya dari pabrikan otomotif juga terbilang mustahil untuk diterapkan, sebut saja pabrikan asal Perancis, Peugeot, yang menghadirkan konsep Exalt. Alih-alih ingin menghadirkan mobil premium, namun justru menjadi bahan pergunjingan karena menggunakan bahan-bahan alami, seperti kayu, dan batu pada mobil.

Lexus konsep dengan ban terbuat dari es.

Lexus konsep dengan ban terbuat dari es. 

Lexus juga sempat jadi bahan ejekan publik pencinta otomotif, karena menghadirkan sebuah kendaraan konsep, NX, dengan ban yang terbuat dari es. Ada lagi Kikai yang merupakan sebuah mobil konsep pada Tokyo Motor Show 2015. Karena wujudnya yang aneh, tentu mobil itu tak mungkin untuk diproduksi secara massal. (ms)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP