Duet Toyota-Daihatsu Ingin Fokus ke Mobil Murah

Peluncuran Great New Xenia, di Jakarta, Rabu (12/8/2015).
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Toyota belakangan telah melakukan akuisisi terhadap Daihatsu secara penuh. Artinya, Daihatsu kini merupakan bagian dari unit bisnis yang dikontrol Toyota. Tugas baru pun menanti Daihatsu. Arahannya tentu dari sang kakak, Toyota.

Daihatsu Gran Max 4 Rupa Ramaikan Pameran GIICOMVEC 2024

Arah bisnis Toyota-Daihatsu kini adalah menggenjot pasar mobil murah di India. Selama ini India memang menjadi ladang kering bagi Toyota. Sementara rival kuatnya Suzuki --pemimpin pasar, serta Hyundai yang mengekor, terus mendominasi penjualan mobil di sana. Daihatsu pun kini diproyeksikan masuk ke India untuk merecoki Suzuki dan mengambil alih pasar otomotif di sana. Demikian dilansir Motorbeam, Rabu, 4 Januari 2017.

Laporan menyebutkan, mobil kecil Daihatsu akan diproduksi di India dengan tingkat keamanan yang diperhitungkan dan hemat dari sisi konsumsi bahan bakar. Segmen yang akan diracik Daihatsu sebagai senjata andalan di India, yakni hatchback kecil dan Sport Utility Vehicle (SUV) kompak berharga murah.

Daihatsu Xenia Kena Recall

Mobil-mobil tersebut nantinya akan memperluas pasar mobil kecil di India. Sebelumnya, kelas tersebut hanya diisi Etios dan Etios Liva, tetapi penjualannya buruk. Meski demikian, produk-produk itu baru Daihatsu akan diluncurkan di India pada 2020 mendatang ketika aturan yang mendukung sudah diberlakukan di India.

Tim Research and Development (R & D) telah memberikan masukan ke Toyota, jika mobil kecil terbaru bisa diterima publik di India jika aman dari sisi keamanan dan murah dari sisi harga. Dengan demikian, Toyota meyakinkan mobil yang akan dipasarkan Daihatsu akan dijual dengan banderol murah dan irit bahan bakar..

Daihatsu Pastikan Mobil yang Dipasarkan di Indonesia Aman

Terlepas dari hal di atas, Toyota juga akan meluncurkan Corolla hybrid di India pada 12 sampai 18 bulan ke depan. Tak cuma Corolla, perusahaan juga nantinya akan memperkenalkan teknologi hybrid di beberapa mobil mereka termasuk produk kendaraan kecilnya.

Daihatsu Rocky di IIMS 2024

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Daihatsu menjadi salah satu pabrikan otomotif, yang juga mengembangkan kendaraan elektrifikasi. Mereka bahkan telah memiliki model yang dijual umum, salah satunya yakni D

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024