Tenaga Mobil Kok Terasa Loyo, Lakukan Hal Ini

Ilustrasi servis mobil.
Sumber :
  • Worldcarfans

VIVA.co.id – Semakin bertambahnya masa pemakaian sebuah kendaraan tentu akan dibarengi dengan semakin melorotnya performa mobil. Sering kali mobil terasa loyo tak bertenaga. Jika sudah mengalami hal demikian apa yang harus dilakukan?

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Menghadapi permasalahan seperti itu tak perlu panik. Hal yang harus dilakukan adalah melakukan tune up. Tune up atau biasa disebut servis berkala merupakan perawatan mesin ringan yang bertujuan untuk mengembalikan performa mesin yang sudah kendur, sehingga menjadi maksimal kembali.

Umumnya, gejala mobil yang sudah ‘wajib’ dilakukan tune up yaitu keluarnya suara kasar serta berisik dari dalam mesin. Suara itu menandakan mesin butuh pembaharuan dan juga perawatan ekstra. Akan lebih baik jika tune up dilakukan secara berkala.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Menurut Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurrahman, waktu yang tepat untuk melakukan tune up yaitu ketika kilometer mobil sudah mencapai batas maksimal satu kali servis, sewajar-wajarnya dalam enam bulan sekali.

"Atau 10 ribu kilometer sekali, tapi ini tergantung kelipatan berapa ribu, kalau sudah sampai 10 ribu, berarti baiknya setiap 20 ribu lakukan tune up," katanya kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 5 Januari 2017.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Untuk bagian yang harus dilakukan tune up yaitu seperti pemeriksaan busi dan pompa bensin, sistem pengisian listrik (alternator), saringan udara, saringan bensin, dan throttle body.

"Jadi semua area mesin, chassis dan kelistrikan. Semua kita cek fungsi dan kondisinya. Tiap 10 ribu kilometer pasti diganti oli mesin dan filternya juga," ujar Iwan.

Untuk busi, Iwan mengatakan baiknya dilakukan penggantian dalam jangka tempuh 40 ribu kilometer untuk yang biasa dan yang iridium 100 ribu kilometer. "Tapi ada penggantian beberapa part lain juga yang diganti kalau memang habis atau rusak dan tidak di ganti secara berkala. Misal kanvas rem, bohlam, dan lainnya," katanya.

Iwan menyarankan, sebaiknya tune up dilakukan secara rutin. Ini berguna untuk menjaga performa mesin tetap pada posisi yang aman dan nyaman saat digunakan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya