TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Trik Bikin Dashboard Mobil Mengkilap seperti Baru

Usahakan jangan menggunakan sabun pembersih rumah tangga.
Trik Bikin Dashboard Mobil Mengkilap seperti Baru
Ilustrasi dashboard mobil. (Pixabay/MikeBirdy)

VIVA.co.id – Dashboard pada mobil merupakan bagian dari interior yang sering Anda perhatikan saat berada di dalam kendaraan. Dashboard berfungsi sebagai panel berbagai switch dan indikator, serta batas fisik antara penumpang dengan pemandangan di luar kaca depan.

Sama seperti komponen mobil lainnya, dashboard juga rentan mengalami masalah, seperti kerusakan berupa retak yang disebabkan oleh panas sinar matahari dan juga suhu di dalam kabin yang sangat tinggi. Selain itu, dashboard juga bisa menjadi kusam karena perawatan yang salah atau tak dirawat sama sekali.

Namun ternyata ada cara mudah yang bisa diterapkan untuk memperbaiki kondisi tersebut. Seperti dilansir situs resmi Toyota, Jumat, 6 Januari 2017, Anda bisa memberikan cairan pengisi khusus dashboard yang biasanya memiliki berbagai macam pilihan warna. Carian ini bisa Anda dapatkan di banyak toko otomotif.

Cara lain untuk memperbaiki retak pada dashboard, yakni dengan menggunakan pelapis dashboard. Banyak toko variasi jok mobil yang biasanya menyediakan layanan untuk melapisi dashboard mobil. Biasanya banyak varian warna dan juga jenis pelapis tersedia. Akan tetapi, pastikan jika pelapis ini tidak akan mengganggu kantung udara alias airbag yang harus keluar saat terjadi kecelakaan.

Perawatan terhadap dashboard juga bisa dilakukan dengan cara membersihkan debu yang terdapat pada permukaan dashboard. Langkah ini bisa dengan menggunakan penyedot debu, kemoceng, atau kain lap bersih. Perhatikan bagian lekukan dan sudut dekat kaca depan, karena debu dan kotoran kerap bersembunyi di sana. Jika menggunakan penyedot debu, pilihlah yang portable dan memiliki selang belalai, sehingga debu yang terselip di sela-sela dashboard bisa ikut tersedot. Jika menggunakan kemoceng dan kain lap, pilih yang memiliki permukaan halus.

Setelah permukaan dashboard bebas dari debu dan noda, semprotkan cairan pembersih khusus untuk bagian interior mobil. Pembersih dashboard ada yang berupa cairan atau busa, dan pilih yang jenisnya lotion. Hindari cairan pembersih yang mengandung silikon karena bisa membuat permukaan dashboard belang.

Perlu dicatat, jangan sesekali menggunakan sabun cuci atau pembersih rumah tangga. Dashboard umumnya terbuat dari bahan khusus yang mungkin sensitif terhadap pembersih biasa. Menggunakan bahan pembersih yang tidak cocok dapat menyebabkan dashboard kusam, belang, atau meninggalkan bekas usapan.

Semprot secukupnya ke permukaan dashboard, dan gunakan lap kering yang lembut untuk meratakan ke seluruh permukaan. Jangan menekan terlalu keras, karena kemungkinan akan membuat dashboard terbaret. Jika sudah, usap kembali dengan lap kering baru yang masih bersih sampai permukaan dashboard benar-benar kering.

(mus0

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP