Harga Mobil Toyota Siap-siap Naik, Ini Besarannya

Toyota All New Calya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Jurus baru siap ditempuh pabrikan otomotif di Tanah Air di awal tahun. Seperti PT Toyota Astra Motor (TAM) yang bakal menaikkan harga semua produknya. Besaran kenaikan akan disesuaikan dengan masing-masing produk.

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

Naiknya harga mobil memang rutinitas tahunan yang dilakukan pabrikan otomotif. Sebut saja soal kenaikan biaya material mobil, biaya label, pembenaman sejumlah aksesori baru, hingga faktor pendukung lainnya seperti kenaikan biaya pengurusan surat-surat kendaraan bermotor yang saat ini baru diterapkan.

Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM, sebenarnya efek soal kenaikan pengurusan STNK-BPKB di industri otomotif tak terlalu signifikan pengaruhnya. Namun tentu tetap berkontribusi sebagai salah satu faktor pendukung kenaikan harga.

Hadir di RI Sore Ini, Bocoran Harga Toyota Voxy Baru Bikin Kaget

"Impact dari industri otomotifnya enggak terlalu signifikan. Kalau secara off the road kita tidak terlalu naik besar, karena yang naik besar itu harga on the road-nya. Jadi nanti biar customer yang memutuskan," ujar Fransiscus kepada VIVA.co.id, Jumat, 6 Januari 2017.

Maka itu, pihaknya kini telah mengambil keputusan untuk menaikkan harga seluruh mobil Toyota dan akan berlaku beberapa hari ke depan. "Umumnya kenaikan kita dari 5-10 persen, kira-kira perhitungan sementara segitu. Kita akan terapkan perubahan harga Senin, 9 Januari 2017, karena hari ini kan implementasinya," tutur dia.

Daftar Harga Mobil Wuling Januari 2022, Almaz RS Naik Rp38 Juta

Kenaikan harga itu pun tidak serta-merta dilimpahkan pada calon konsumen yang ingin memiliki mobil baru. Karena akan ada pertimbangan khusus yang dilakukan PT TAM. Maksud dari pertimbangan khusus tersebut, yakni akan ada upaya jika kenaikan harga tak diputuskan terlalu tinggi.

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016

Pertimbangan yang dimaksud, apabila harga mobil naik, ada sejumlah subsidi yang ditanggung ATPM. "Tapi kita enggak naikkan misal Rp10 juta, kita hanya naikkan Rp8 juta, jadi Rp2 juta ditanggung ATPM. Di Toyota ada improvement internal dan ada biaya reduction yang akan diberikan ke konsumen juga, agar kenaikannya tidak terlalu tinggi."

Dia kembali mencontohkan saat peluncuran Toyota Yaris Heykers. Sebenarnya ada aksesori yang terjejal pada Heykers sebesar Rp10 juta ketimbang Yaris bersi sebelumnya. Namun, TAM ternyata memberi tambahan harga hanya Rp7 juta. "Jadi enggak murni semata kita akan buang ke costumer semua (kenaikan harga), kalau jadi beban customer memang benar. Tapi, tidak seluruhnya."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya