Teknologi Skuter Kymco, HP Bisa Terkoneksi dengan Dashboard

Teknologi Kymco Noodoe di CES 2017.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id – Pada 2016, banyak provider otomotif yang mulai melirik tren teknologi penggubahan, di mana memungkinkan pembesutnya mengkoneksikan gadget pada dashboard mobilnya. Kini ternyata tren tersebut mulai meluas ke pasar roda dua.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Adalah Kymco, merek sepeda motor asal Taiwan yang kini menampilkan teknologi tersebut di gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2017, Januari ini, di Las Vegas, Amerika Serikat. Mereka menamakan teknologi tersebut dengan julukan Kymco Noodoe. Kymco sengaja memamerkan teknologi anyarnya untuk menawarkan kepada pengendara skuter untuk tetap mendapatkan informasi saat berkendara.

Dilansir Autoevolution, Senin, 9 Januari 2017, ide Kymco ini lahir melihat dari fakta di sejumlah perkotaan besar di dunia, di mana banyak sekali pengguna skuter yang kerap membuka ponselnya sambil mengemudi meski pandangan hanya satu, dua detik di sela berkendara.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

"Apakah Anda benar-benar berpikir bahwa pengendara skuter dapat menyerap semua informasi itu? Sebuah touchscreen sangat sulit untuk digunakan ketika Anda naik skuter," kata Ketua Kelompok Kymco Allen Ko.

Atas dasar itulah Kymco kemudian berusaha mengembangkan teknologi Noodoe. Sistem ini menawarkan tampilan digital pada dashboard skuter, dan dapat dikendalikan dengan tiga switch yang terletak pada ibu jari tangan kanan pengendara. Sejauh ini memang nampak agak menyulitkan, karena tangan kanan umumnya selalu digunakan untuk mengontrol kecepatan kendaraan.

Benda Kecil Ini Wajib Dibawa Pengendara Sepeda Motor Matik

Meski demikian, teknologi tersebut patut diacungi jempol. Karena dashboard elektrik digitalnya dapat dikoneksikan dengan dashboard pengendara. Layaknya sinkronisasi yang ada pada mobil, Kymco menyediakan fitur-fitur yang serupa. Sebut saja, sinkronisasi jadwal, peta, pengingat, atau pun juga musik dan playlist yang bisa di-shuffle.

Selain itu, Noodoe juga menyediakan fitur notifikasi agar pengendara bisa mengetahui di mana SPBU terdekat melalui kompas dan maps. Sedianya teknologi ini akan dibekali pada motor Kymco AK 550 dan 150i. Besar kemungkinan teknologi ini juga akan terjejali pada motor-motor skuter Kymco ke depannya.

Diler Wuling Arista Cimahi

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Wuling siapkan teknologi otomotif baru di mobilnya, sampai layani pelanggan di Indonesia yang terdampak bencana.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2021