TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Lalui Tanjakan Tanpa Boros Bahan Bakar

Mesin perlu tenaga lebih besar saat menanjak.
Cara Lalui Tanjakan Tanpa Boros Bahan Bakar
Mobil di jalan menanjak. (karimunestilo.com)

VIVA.co.id – Naiknya harga bahan bakar non-subsidi pada awal Januari 2017 kemarin, membuat beberapa pemilik mobil mencari cara baru dalam hal irit BBM.

Salah satunya yakni menerapkan cara berkendara yang hemat bahan bakar. Cara ini dianggap manjur oleh mereka yang setiap hari mengendarai mobil untuk aktivitas sehari-hari.

Tapi ternyata, ada juga teknik berkendara khusus yang bisa dipraktikkan saat berkendara ke luar kota, agar penggunaan BBM tetap minimal.

Teknik yang satu ini ampuh digunakan saat mobil harus melalui tanjakan dengan kemiringan 30-60 derajat. Syaratnya, kondisi jalan harus lancar.

Seperti yang diketahui, mesin butuh tenaga besar untuk bisa menggerakkan mobil melintasi tanjakan. Ini karena mesin menanggung beban yang lebih berat, akibat harus melawan gaya gravitasi bumi.

Dilansir dari Fuelly, Senin 9 Januari 2017, sebelum mobil melalui tanjakan, pastikan Anda menginjak pedal gas lebih dalam. Hal ini berguna untuk menaikkan kecepatan mobil.

Kecepatan mobil yang lebih tinggi akan membuat energi momentum menjadi lebih besar. Hasilnya, tenaga yang dibutuhkan mesin untuk bisa menggerakkan mobil ke atas lebih sedikit.

Meski pedal gas diinjak sebelum melintasi tanjakan, namun jumlah bahan bakar yang digunakan lebih sedikit dibandingkan dengan yang dipakai mesin untuk menanjak.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP