Cara Pasang Dudukan Standar Tengah CBR250RR

Pemasangan jalu paddock stand Honda CBR250RR.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Umumnya, motor sport bermesin 250cc ke atas tidak memiliki standar tengah. Salah satu alasan absennya penyangga tersebut adalah bobot motor yang cukup berat.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Untuk bisa berdiri tegak saat diservis, motor harus dipasang penyangga yang kerap disebut dengan istilah paddock stand.

Agar bisa terkait dengan sempurna, pada lengan ayun motor harus terpasang dudukan atau jalu khusus.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Tapi, ada yang berbeda dengan All New Honda CBR250RR, motor sport racikan PT Astra Honda Motor (AHM). Selain tidak memiliki standar tengah, jalu untuk paddock stand juga tidak ada.

Pemilik bengkel Layz Motor, Steven mengatakan, selain jalu sangkutan paddock stand, lubang baut untuk dudukan jalu di lengan ayun juga tidak ada.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Artinya, bila ingin menggunakan paddock stand universal, harus ditambah jalu khusus.

"Motor perlu didongkrak dahulu, untuk melepas as roda belakang dan anting-anting dari setelan rantai. Karena, jalu khusus CBR ini dudukannya di as roda," ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin 9 Januari 2017.

Setelah kedua jalu tersebut ada di posisi antara kedua as roda dan lengan ayun, rakit semua komponen kembali seperti semula.

"Kencangkan dengan kunci 17 dan 19. Tidak perlu ada penambahan ring, semua plug and play," jelasnya.

Untuk harga, karena bahannya terbuat dari aluminium, jalu khusus CBR250RR ini dibanderol Rp850 ribu. Harga tersebut sudah termasuk pemasangan, namun belum termasuk paddock stand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya