TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Penyebab Mika Lampu Mobil Cepat Menguning

Salah satunya penggunaan lampu utama secara terus menerus.
Penyebab Mika Lampu Mobil Cepat Menguning
Jasa membersihkan lampu mobil. (Jeffry Yanto/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Mika pada lampu depan kendaraan merupakan salah satu bagian penting untuk visibilitas pengemudi di kondisi gelap. Namun seiring usia pakai, mika tentu mengalami penurunan kualitas, termasuk tingkat kebeningannya.

Jika sudah begitu, biasanya mika akan tampil buram dan menguning. Efeknya tentu memengaruhi penerangan selama perjalanan Anda. Tono, pemilik DCH di kawasan MGK Kemayoran, Jakarta, menjelaskan mengapa lampu mika bisa menjadi buram atau menguning.

Kata Tono, bisa jadi kondisi demikian terjadi karena pemakaian dan panas yang berlebih, sebab bahan mika memang terbilang cukup rentan. "Kalau sering terkena panas matahari karena mobil di parkir di luar ruangan, mika lampu akan cepat kuning seperti gading," ujar Tono kepada VIVA.co.id, Senin, 9 Januari 2017.

Selain masalah itu, ada pula faktor lainnya yang menyebabkan mika lampu menguning dan buram, yakni penggunaan lampu utama secara terus menerus. "Apa lagi kalau watt-nya diganti yang lebih besar atau melakukan sejumlah ubahan atau custom," tutur dia.

Untuk menyiasatinya kini pabrikan otomotif ramai-ramai mulai menerapkan lampu LED. Karena teknologi itu dianggap tak panas, sehingga tampilan mika dapat tetap bagus dan prima.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
LAINNYA
TERPOPULER
TAG TERPOPULER
TUTUP