TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kencan Kedua Bersama Honda Civic Turbo

Semakin sering dikendarai, mobil ini semakin nyaman.
Kencan Kedua Bersama Honda Civic Turbo
All New Honda Civic Turbo. (Krisna Wicaksono/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Pada ajang Indonesia International Motor Show 2016 lalu, Honda resmi menghadirkan All New Civic Turbo. Sedan yang diposisikan untuk kalangan menengah ke atas ini tampil dengan rupa eksterior yang gagah dan macho. Yang paling tidak bisa dilupakan adalah bagian belakangnya yang sepintas mirip mobil sport coupe.

Baik sisi depan maupun belakang bodi ditambahkan aksen berbentuk sayap kecil. Pada sisi depan, letaknya tepat di kap mesin, sedangkan di bagian belakang ada pada sisi kiri dan kanan kaca.

Grille depan sedan ini sengaja dibuat tegak dan ditambah aksen lubang udara pada bagian atas dan bawahnya, mirip dengan yang digunakan oleh mobil-mobil buatan Amerika Serikat.

Lingkar roda berukuran 17 inci yang dibalut ban Bridgestone tampak serasi dengan lingkar sepatbor, tidak terlalu besar atau kecil. Pelek mobil ini mengusung desain dua warna, yaitu krom dan hitam, yang tampaknya menjadi andalan Honda untuk sebagian besar model mereka.

Desain lampu belakang yang menyerupai bumerang membuat mobil ini mudah dikenali dari jauh saat malam hari.

VIVA.co.id berkesempatan mencoba mobil ini dua kali, yakni pada Mei 2016 lalu dan akhir Desember 2016. Keduanya menempuh rute yang sama, yaitu Jakarta-Bandung.

All New Honda Civic Turbo.

All New Honda Civic Turbo (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

Saat mencoba mobil seharga Rp475,5 juta ini, terasa bahwa tenaga yang dihasilkan mesin sangat mumpuni untuk perjalanan antarkota.

Mesin empat silinder turbocharger berkapasitas 1.500cc yang disematkan mampu menghasilkan tenaga 173 daya kuda dan torsi 220 Newton meter.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis continuous variable transmission (CVT). Bagi mereka yang gemar mengatur sendiri posisi gigi transmisi, tersedia paddle shift di balik lingkar kemudi.

Mendahului kendaraan lain di jalur bebas hambatan bukan masalah bagi mobil ini, meski mode irit bahan bakar sedang diaktifkan. Namun bila ingin mendapat respons mesin yang lebih ‘galak’, matikan mode tersebut dan mobil siap meluncur bak peluru.

Suspensi Civic Turbo relatif lebih keras dibanding sedan mewah pada umumnya. Tapi, hal ini masih dalam batas yang wajar. Satu orang dewasa dan dua balita dapat tidur dengan nyaman di kursi belakang selama perjalanan.

Ketenangan mereka hanya terganggu ketika kaca mobil dibuka saat memasuki gerbang tol. Hal ini membuktikan bahwa peredam suara yang dipasang berkualitas sangat baik.

Ada satu hal yang unik dari knalpot mobil ini. Ketika mesin dipanaskan saat pagi hari, suara mesin dan knalpot terdengar sangat halus.

Namun, tabung knalpot tampaknya dirancang untuk bisa menghasilkan frekuensi suara rendah. Hal ini diketahui dari bergetarnya kaca nako yang ada di rumah, meski pedal gas sama sekali tidak diinjak.

Dua perjalanan bersama mobil ini terasa masih kurang. Banyak fitur dan kemampuan mobil yang belum dieksplorasi lebih jauh. Semakin lama mengendarai mobil ini, semakin terasa kenyamanan yang ditawarkan Civic.

Mesin All New Honda Civic Turbo.

Mesin All New Honda Civic Turbo (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

 

(ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP