Kenali Penyebab Lampu Mobil Berembun

Ilustrasi lampu mobil.
Sumber :
  • Caradvice

VIVA.co.id – Adanya embun di dalam lampu utama mobil jelas menandakan ada yang bocor. Bocor sedikit saja, bisa bikin molekul air menyusup masuk ke dalam ruang lampu. Kondisi itu tentu memengaruhi pencahayaan kendaraan, serta mengganggu penampilan.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Para pengendara kerap menyebutnya dengan istilah akuarium mobil. Karena, tak hanya embun, terkadang rumah lampu mobil sekejap menjadi tempat bersarangnya air.

Menurut Tono, pemilik DCH, bengkel spesialis headlamp di MGK Kemayoran, Jakarta, lampu berembun terjadi karena adanya kebocoran, sehingga air dapat masuk. Bisa jadi air masuk saat hujan, kendaraan dicuci, apalagi menggunakan air bertekanan tinggi.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Salah satu faktor lainnya, yakni cuaca yang membuat ketahanan mika lampu berkurang. Biasanya kondisi ini karena mobil sering dijemur di luar ruangan.

"Selain itu, air bisa masuk karena lampu yang pernah diservis, pengeleman kurang maksimal, lalu air merembes ke dalam," ujar Tono kepada VIVA.co.id, Selasa 10 Januari 2017.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

Kata dia, air bisa masuk dari celah-celah antara batok dengan mika, dan mungkin saja karena mika lampu yang mengalami keretakan. "Kalau dari pabrikan ada juga yang pernah begitu, pas saya cek memang di pengeleman batok dan mikanya," tuturnya.

Masalah ini dikatakan juga akrab pada mobil-mobil lawas, di mana air bisa masuk ke dalam rumah lampu depan atau belakang. Kasus ini dikarenakan lampu mobil lawas hanya disekrup baut, berbeda dengan mobil-mobil zaman sekarang.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022