TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kenali Penyebab Lampu Mobil Berembun

Banyak pihak menyebutnya dengan istilah lampu akuarium.
Kenali Penyebab Lampu Mobil Berembun
Lampu depan mobil Toyota (Caradvice)

VIVA.co.id – Adanya embun di dalam lampu utama mobil jelas menandakan ada yang bocor. Bocor sedikit saja, bisa bikin molekul air menyusup masuk ke dalam ruang lampu. Kondisi itu tentu memengaruhi pencahayaan kendaraan, serta mengganggu penampilan.

Para pengendara kerap menyebutnya dengan istilah akuarium mobil. Karena, tak hanya embun, terkadang rumah lampu mobil sekejap menjadi tempat bersarangnya air.

Menurut Tono, pemilik DCH, bengkel spesialis headlamp di MGK Kemayoran, Jakarta, lampu berembun terjadi karena adanya kebocoran, sehingga air dapat masuk. Bisa jadi air masuk saat hujan, kendaraan dicuci, apalagi menggunakan air bertekanan tinggi.

Salah satu faktor lainnya, yakni cuaca yang membuat ketahanan mika lampu berkurang. Biasanya kondisi ini karena mobil sering dijemur di luar ruangan.

"Selain itu, air bisa masuk karena lampu yang pernah diservis, pengeleman kurang maksimal, lalu air merembes ke dalam," ujar Tono kepada VIVA.co.id, Selasa 10 Januari 2017.

Kata dia, air bisa masuk dari celah-celah antara batok dengan mika, dan mungkin saja karena mika lampu yang mengalami keretakan. "Kalau dari pabrikan ada juga yang pernah begitu, pas saya cek memang di pengeleman batok dan mikanya," tuturnya.

Masalah ini dikatakan juga akrab pada mobil-mobil lawas, di mana air bisa masuk ke dalam rumah lampu depan atau belakang. Kasus ini dikarenakan lampu mobil lawas hanya disekrup baut, berbeda dengan mobil-mobil zaman sekarang.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
LAINNYA
TERPOPULER
TAG TERPOPULER
TUTUP