TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Begini Cara Bengkel Bikin Dasbor Retak Kembali Mulus

Secara umum, ada dua cara memperbaiki dasbor mobil.
Begini Cara Bengkel Bikin Dasbor Retak Kembali Mulus
Proses reparasi dasbor mobil. (Youtube)

VIVA.co.id – Banyak faktor yang bisa membuat dasbor mobil menjadi rusak. Mulai dari sering terkena sinar matahari hingga kerap dibongkar pasang.

Nah, kerusakan yang sering dialami dasbor berbahan dasar plastik dan semi kulit adalah retak-retak serta lecet. Tapi, di beberapa mobil ada juga bahan dasbor yang lembek karena faktor umur dan cuaca.

Pemilik bengkel reparasi dasbor Alpinne Dashboard, Thowi Setiabudi mengatakan, proses pengerjaan reparasi dasbor tidak semua dilakukan dengan cara yang sama.

Alasannya, penyebab kerusakan bisa berbeda-beda. Namun secara umum, ada dua cara yang biasa ia lakukan untuk menyulap dasbor rusak menjadi mulus kembali.

Untuk proses pengerjaan dasbor yang sudah lembek, butuh dilakukan pelapisan ulang.

"Bagian atas dasbor dilem untuk mengeraskan bidangnya, setelah itu kami ratakan dan dilapisi bahan semi kulit baru yang motifnya mirip," ujarnya kepada VIVA.co.id di Jalan Bangka XI, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa 10 Januari 2017.

Pelapisan dengan bahan semi kulit ini juga menggunakan bahan lokal, dan dilakukan jika dasbor mobil tersebut dari pabriknya memang sudah dibungkus kulit, seperti Toyota Prado dan mobil-mobil premium lainnya.

"Kalau menghilangkan lecet-lecet, kena parfum atau bekas airbag meledak, beda lagi caranya. Kami ada cat plastik, sama seperti aslinya. Kami cat motif atau urat-urat sesuai asli pabrikan,” jelasnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP