TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Neuv, Mobil Canggih Honda Berwujud Nyentrik

Mobil tersebut kini tengah dipamerkan di ajang CES 2017.
Neuv, Mobil Canggih Honda Berwujud Nyentrik
Honda NeuV Concept. (Paultan)

VIVA.co.id – Produsen mobil asal Jepang, Honda, secara resmi memamerkan mobil konsep masa depan buatannya di ajang Consumer Electronics Show (CES) yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Mobil mungil itu diberi nama New Electric Urban Vehicle (Neuv).

Dilansir Paultan, Rabu, 11 Januari 2017, Neuv memiliki desain yang sangat minimalis, dengan bentuk mobil yang mirip dengan kubus sederhana dan banyak kaca di sekitarnya. Apalagi pencahayaan eksterior, tampak seperti lampu berbentuk es batu dengan tambahan dua kombinasi warna hitam dan putih pada sisinya.

Tidak ada pintu konvensional pada semua sisi bagian luar mobil. Melainkan, seluruh sisi terbuka dan berputar ke belakang untuk memberikan akses masuk bagi pengemudi.

Menariknya, mobil mungil ini dibangun dari konsep teknologi cerdas terbarukan bernama “emotion engine”. Fitur ini dianggap dapat melakukan deteksi emosi dari pengendaranya, bisa galau ataupun ingin melakukan perjalanan sesuai dengan kehendak hati. Pengendara juga akan dihibur melalui beberapa lagu yang dipilih secara otomatis dengan menyesuaikan "mood" dari pengemudi.

Selain itu, mobil yang memiliki kapasitas dua penumpang ini juga mampu bergerak secara otomatis tanpa dikendalikan. Artinya secara otomatis mobil akan bergerak sendiri tanpa perlu repot membedah seluruh perangkatnya (otonom).

Uniknya lagi, mobil ini juga dapat menjual listrik kembali ke grid pada jam sibuk saat tidak digunakan. Sehingga, Neuv diciptakan sebagai mobil listrik pintar dengan kelebihan mampu berbagi tenaga dengan orang lain. Sumber listrik itu didapatkan dari longboard listrik yang bertempat di antara shock absorber belakang.

Neuv juga memiliki kecerdasan buatan yang disebut Honda Automated Network Assistant (HANA). Teknologi ini dapat mendorong kendaraan dengan sendirinya dengan menggunakan emotion engine.

Nantinya, sistem akan mendeteksi emosi pengemudi, dan membuat pilihan baru, serta memberikan rekomendasi berdasarkan keputusan terbaik. Sistem ini juga akan memantau tingkat emosional pengemudi, serta membuat rekomendasi musik berdasarkan "mood".
 
Untuk dapur pacunya, mobil ini memiliki tenaga yang berasal dari 55 kilowatt atau setara 73 tenaga kuda motor listrik dan baterai 20 kWh yang menarik daya hingga 6,6 kilowatt bi-directional charger nirkabel yang berjalan secara induktif. Dengan motor listrik tersebut, Honda menilai mobil itu dapat menempuh jarak antara 161 kilometer dan 322 kilometer dalam keadaan normal. (ase)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP