TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Manjur Bikin Dasbor Mengilap Seperti Baru

Ada sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk jaga kondisi dasbor.
Tips Manjur Bikin Dasbor Mengilap Seperti Baru
Ilustrasi dashboard mobil. (Pixabay/MikeBirdy)

VIVA.co.id – Salah satu komponen yang paling rentan mengalami kerusakan pada kabin adalah dasbor. Hal itu lantaran dasbor kerap terkena paparan sinar matahari saat mobil diparkir di luar ruangan.

Agar dasbor mobil kesayangan tidak mudah rusak karena faktor cuaca dan umur, ada sejumlah cara yang patut dilakukan. Dijamin, kondisi dasbor tetap mulus seperti baru. 

Menurut Thowi Setiabudi, pemilik Alpinne Dashboard, untuk mencegah dasbor mengalami kondisi buruk, usahakan perangkat itu selalu tetap bersih dari debu yang menempel. Kata dia, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan penyedot debu portable, kemoceng, sikat gigi, dan kanebo atau lap.

"Kain lap atau kanebo jangan diberikan air terlalu banyak, cukup beri lembap saja agar debu mudah terangkat. Untuk noda di sela-sela, bisa pakai sikat gigi anak bayi yang lembut, dengan diberikan sedikit air," ujar Thowi kepada VIVA.co.id, Rabu, 11 Januari 2017.

Lanjut dia, jika permukaan dasbor sudah bersih dari debu dan noda, semprotkan cairan pembersih khusus untuk bagian interior mobil. Semprot secukupnya ke permukaan dasbor. "Bisa gunakan lap kering bahan lembut untuk meratakan bekas semprotan cairan. Jangan menekannya terlalu keras, karena akan baret. Jika sudah, usap kembali dengan lap kering sampai kering," tutur dia.

Sementara itu, Technical Support Astra Daihatsu Motor (ADM), Azwar, mengatakan, sebenarnya tak ada cara khusus untuk merawat dasbor mobil. Namun dasbor perlu dijaga agar tidak kusam.

Azwar mengatakan, membersihkan dasbor sebaiknya juga memerhatikan kondisi dan bahan dasbor itu sendiri, apakah menggunakan bahan kulit asli atau menggunakan vinyl atau bahan kulit sintetis.

"Nah, kalau bahan kulit asli sangat rentan terhadap bahan bahan kimia, oleh karena itu jika dasbor mobil terbuat dari bahan kulit, jangan menggunakan semir atau pelembab dari bahan kimia seperti tisu basah. Kalau bagusnya itu semir khusus misalkan Beeswax," ujar Azwar kepada VIVA.co.id.

Untuk mengatasinya, kata Azwar, penggunaan lap microfiber lebih cocok untuk membersihkan dasbor agar terlihat bersih dan kinclong. "Sebaiknya mau bahan apa pun itu dasbornya, bagusnya pakai lap microfiber saja yang banyak dijual di pasaran, usahakan gunakan lap yang berbentuk sarung tangan supaya bisa terjangkau daerah yang tidak terlihat dan dihinggapi oleh debu."

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP