Beda Modifikasi Speedometer LED dan Indiglow

Speedometer indiglow.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Banyak pemilik mobil yang masih salah kaprah soal modifikasi panel indikator. Mereka menyamakan modifikasi lampu LED dengan indiglow.

Ingatkan Masyarakat Lapor SPT Tepat Waktu, Sri Mulyani: Tinggal Lima Hari Lagi

Juragan gerai khusus modifikasi speedometer SACS Speedglow, Wira mengatakan, indiglow sama sekali tidak menggunakan bohlam lampu sebagai sumber cahaya.

"Indiglow ada dua komponen, pelat dan modul. Yang membuat warnanya berubah-ubah itu dari pelatnya. Jadi sebetulnya bukan lampu, tapi frekuensi," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Sementara itu, lampu LED berfungsi menghasilkan warna yang berbeda pada panel indikator. Modifikasi lampu LED pada speedometer jauh lebih mudah, hanya perlu mengganti bohlam standar dengan LED saja.

Sayangnya, penyematan lampu LED tidak bisa menghasilkan pencahayaan yang merata. Berbeda dengan indiglow, yang semua permukaan panel bisa menghasilkan cahaya.

Survei Indikator Politik Klaim Mayoritas Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

"Kalau LED, ada yang bisa sampai ganti tujuh warna. Cuma kelemahannya, pasti titik menyalanya tidak merata. Kalau indiglow kan merata. Tapi, pilihan warna indiglow hanya dua dan sudah berpasangan,” ujarnya menjelaskan.

Modifikasi speedometer indiglow juga relatif lebih rumit, karena harus mencopot panel bawaan pabrik. Untungnya, proses itu saat ini sudah tidak perlu lagi mencopot jarum indikator.

Lubang jarum indikator dibuat lebih besar, sehingga panel bisa dicopot dengan mudah dan diganti dengan panel indiglow.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya