Kenapa Banyak Film Tak Bisa Diputar di Head Unit Bawaan

Interior Suzuki Swift 2017.
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA.co.id – Anda mungkin pernah kesusahan saat hendak memutar video di head unit bawaan mobil. Hal ini biasanya terjadi pada video yang berasal bukan dari DVD, melainkan unduhan dari internet.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Penyebab utama video tidak bisa diputar adalah karena head unit bawaan mobil umumnya hanya mendukung beberapa format video saja. Umumnya, format yang tidak didukung yakni FLV, DAT dan MP4.

Pendiri komunitas HR-V Devotee Indonesia (HDI), Andry Susanto mengatakan, untuk menonton video di head unit bawaan mobil seperti Kenwood, JVC, Sony, dan Pioneer, ada cara khusus.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Video yang dapat dikenali itu MPG, AVI dan sejenisnya. Jadi, kalau mau bisa terbaca, file harus dikonversi dulu," ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis 12 Januari 2017.

Proses konversi video membutuhkan komputer atau laptop. Gunakan program konversi video yang banyak tersedia di internet, lalu pilih format MPEG-2.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Setelah itu, pilih kualitas 702x576. Biarkan program melakukan konversi hingga selesai.

"Jika sudah selesai, salin ke flashdisk. Lebih bagus dibuatkan folder sendiri di samping folder-folder yang berisi file lagu," katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022