Ilmu Baru, Ternyata Cuci Ban Tak Boleh Pakai Sabun

Cuci motor. Ilustrasi.
Sumber :
  • www.suksestrikonlineblogspot.com

VIVA.co.id – Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah ban. Ban berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan. Selain itu, ban juga memiliki fungsi untuk menahan beban. Dalam hal menahan beban, yang paling berpengaruh adalah tekanan angin. Karena angin dalam ban berfungsi untuk menopang berat sepeda motor dan muatan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Meski sebegitu pentingnya fungsi ban pada sepeda motor, namun masih banyak pemilik yang abai akan perawatannya. Padahal jika tak dilakukan perawatan, tentu ban akan rusak dan bakal mengganggu kenyamanan berkendara. Paling fatal, meningkatkan risiko kecelakaan.

Menurut mekanik Planet Ban di Radjiman, Jakarta Timur, Dery, perawatan ban motor sebetulnya cukup mudah. "Yang terpenting itu pertama jangan dicuci menggunakan sabun," kata dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis, 12 Januari 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dery menjelaskan, pencucian ban dengan menggunakan sabun akan cepat membuat siklus umur komponen ini cepat rusak. "Kalau memang masih bersikeras, setelah melakukan pencucian langsung bilas sampai bersih dan dilakukan pengelapan hingga kering. Jangan dibiarkan lama, akibatnya ban akan memuai," ujar dia.

Selanjutnya, Dery menyarankan agar pemilik menghindari penggunaan semir ban. Jika terus dipaksakan, akibatnya fatal, ban akan mulai retak dan mengeras. "Kalau sudah keras begitu, tentu akan berpengaruh terhadap akselerasi saat digunakan. Belok susah, jadi mudah tergelincir," tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022