Sepi Peminat, Nissan Pangkas Varian Elgrand

Nissan All New Elgrand.
Sumber :
  • Foto: Dok NMI.

VIVA.co.id – Awal tahun kerap dimanfaatkan pabrikan otomotif untuk menyiapkan banyak model baru, guna memeriahkan pasar kendaraan selama satu tahun.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Namun, hal itu tidak dilakukan oleh PT Nissan Motor Indonesia. Agen pemegang merek Nissan di Tanah Air itu justru mengurangi varian salah satu multi pupose vehicle (MPV) mereka, yakni Elgrand.

Tahun lalu, mobil keluarga yang masuk dalam kategori mewah itu ditawarkan dalam empat varian, yakni 2.0 X, 2.5 Autech 2 Row VIP, 2.5 Autech, dan kasta tertinggi dengan mesin 3.500 cc.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Tapi, tahun ini NMI hanya menyediakan satu varian saja, yakni 2.5 Autech. Di tahun Ayam Api ini, mobil tersebut dibanderol Rp971,9 juta.

General Manager Marketing Startegy NMI, Budi Nur Mukmin mengatakan, alasan NMI memilih tipe 2.5 Autech adalah karena tipe tersebut yang paling diminati konsumen.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

"Yang lain kurang diminati, jadi kami fokus ke satu model itu. Kalau penjualan varian yang lain, kecil banget angkanya," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Lalu, bila penjualan tipe 2.5 Autech tahun ini tidak seperti yang diharapkan, apakah NMI akan menyetop penjualan Elgrand secara keseluruhan?

"Saya tidak melihat kemungkinan itu. MPV premium pasarnya kan masih ada. Jadi, kami tetap akan menjual Elgrand," jelasnya.

Sementara itu, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia periode Januari-November 2016, Elgrand hanya terjual sebanyak 62 unit. Angka itu berbeda jauh dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, yang tercatat 189 unit.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya