Lima Cara Mudah Merawat Mobil Tua

Koleksi mobil tua.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Mobil yang sudah bertahun-tahun mengaspal di jalan raya butuh perawatan ekstra. Hal ini dikarenakan beberapa komponennya sudah mendekati batas usia pemakaiannya.

KPK Sita 1 Mobil Lagi Milik Andhi Pramono yang Diumpetin di Bengkel, Chevrolet BLR 58

Namun, hal tersebut rupanya tidak membuat para pencinta mobil klasik berpaling hati. Banyak alasan mobil klasik masih digemari beberapa orang, mulai dari bentuknya yang unik hingga jumlahnya yang sedikit.

Meski demikian, tak dipungkiri bahwa faktor usia membuat mobil-mobil klasik itu dianggap sangat merepotkan dalam hal perawatan.

Terpopuler Otomotif: Parade Sepeda Motor Baru 2023, Kecelakaan Pertama Tesla Cybertruck

Tapi, anggapan itu ditepis pemilik bengkel Jayapura Duta Mas, Ekky. Ia mengatakan, perawatan mobil dengan umur di atas 10 tahun tidaklah sulit.

“Sebenarnya, merawat mobil tua itu tidak terlalu sulit. Namun, kita memang dituntut untuk lebih perhatian,” kata Ekky kepada VIVA.co.id.

Ferrari Kuasai Daftar Mobil Klasik Termahal Tahun 2023

Berikut lima cara mudah merawat mobil klasik:

  1. Lebih memerhatikan penggantian oli. Pelumas dinilai mampu memberikan perlindungan bagi mesin kendaraan bermotor, sehingga mobil tua akan terjaga kondisinya.
  2. Rutin memeriksa kaki-kaki mobil. Permasalahan terhadap kaki-kaki memang sering dialami mobil lawas. Salah satu yang sering dihadapi yakni terdengar bunyi-bunyi kasar. Sebelum hal itu terjadi, akan lebih baik apabila selalu memeriksakan bagian ini.
  3. Merawat cat mobil. Untuk mobil tua, biasanya cat sudah mulai pudar. Oleh karena itu, elemen pada bodi ini harus tetap diperhatikan. Usahakan untuk selalu menggunakan penutup, apabila sedang parkir di luar garasi.
  4. Perhatikan kabel-kabel pada mobil. Hal ini sangat penting, karena kabel bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mesin.
  5. Rutin memeriksa cincin piston. Komponen ini berfungsi menahan kebocoran oli dan juga campuran bahan bakar dengan udara. Bila rusak, maka efeknya akan merembet pada komponen mesin lainnya.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya