Pabrikan Tak Menyebut Headrest sebagai Pemecah Kaca

Sandaran kepala atau headrest.
Sumber :
  • Snopes

VIVA.co.id – Setiap jok mobil dilengkapi dengan sandaran kepala (headrest). Fungsinya untuk menyangga kepala saat duduk di jok, sehingga kepala tidak terdorong ke belakang saat mobil bergerak.

Kesal Gak Dikasih Uang, Aksi Premanisme di Tanah Abang Gedor Kaca Mobil hingga Pecah

Beberapa model jok mobil memiliki headrest yang bisa dilepas. Bila diangkat dari jok, maka akan terlihat ada dua batang besi sebagai pengait ke jok.

Nah, saat ini sedang viral kabar bahwa besi tersebut bisa dipakai saat pengemudi atau penumpang terjebak di dalam mobil dan tidak bisa keluar.

Polisi: Pelaku Pembobolan Mobil Komika Kadavi Berjumlah 2 Orang

Caranya adalah dengan memukul kaca menggunakan ujung besi tersebut hingga pecah. Benarkah hal itu dapat dilakukan?

Menurut Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, benda yang ujungnya tajam memang bisa memecahkan kaca.

Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil Terjadi di Bekasi, Komika Muhammad Kadavi Jadi Korban

"Ujung headrest betul tajam, dan memang bisa untuk pecahkan kaca. Pada dasarnya, kaca lebih mudah pecah dengan benda berujung lancip atau tajam, dan tentunya dengan kekuatan tertentu. Jadi, kalau anak kecil yang melakukan itu, mungkin susah juga," katanya kepada VIVA.co.id.

Meski demikian, Iwan menegaskan, tidak ada pernyataan dari produsen mobil terkait fungsi lain dari headrest.

"Tapi secara formal, dari pabrikan sebenarnya tidak ada info bahwa ujung headrest didesain sebagai glass breaker," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya